Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan OTG di iPhone, Kirim Data Mudah dan Aman!

Cara Menggunakan OTG di iPhone, Kirim Data Mudah dan Aman!

Cara menggunakan OTG di iPhone, mungkin tidak semua pengguna benar-benar memahaminya. OTG adalah salah satu fitur di smartphone, baik Android atau iOS.

Fitur ini mempunyai kemampuan membaca perangkat flashdisk, caranya melalui port USB OTG. Selanjutnya perangkat flashdisk OTG ini mempunyai dua ujung konektor dengan bentuk yang berbeda satu sama lain.

Untuk konektor yang pertama dapat pengguna akses melalui port USB komputer. Sedangkan untuk konektor lainnya dapat pengguna manfaatkan melalui port USB Smartphone.

Baca Juga: Cara Hapus Log Panggilan di iPhone, Mudah dan Simpel!

Mengetahui Cara Menggunakan OTG di iPhone

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perangkat iPhone sudah support fitur OTG. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fitur OTG, maka pastikan apakah perangkat iPhone yang Anda gunakan telah mendukung USB OTG atau tidak.

Dalam hal ini, pengguna dapat melihat pada kotak handset atau spesifikasi yang terdapat di website produsen.

Jika pada kotak handset atau spesifikasi pada website brand iPhone telah terdapat logo OTG, maka dapat dipastikan perangkat tersebut telah mendukung USB OTG.

Selain itu, pengguna juga dapat memperoleh keterangan melalui situs yang menyediakan spesifikasi gadget dan temukan kata-kata “USB Host” yang artinya smartphone telah mendukung USB OTG.

Fungsi OTG

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan OTG di smartphone terutama pada perangkat iPhone, tidak ada salahnya untuk mengetahui fungsi dari OTG itu sendiri.

OTG merupakan singkatan dari On The Go. Ini merupakan colokan yang terdapat pada perangkat HP yang memiliki fungsi untuk menginput charger serta sebagai kabel data ke komputer.

Bentuk dari OTG sama seperti lubang charger yang terdapat pada smartphone. Colokan tersebut memiliki fungsi lebih dari sekedar untuk cas ponsel atau untuk sarana transfer data ke komputer.

Fungsi OTG bisa untuk menghubungkan flashdisk secara langsung ke smartphone. OTG juga berfungsi untuk menambah soundcard USB, sebagai daya kipas angin portable, hingga untuk program alat elektronik.

Baca Juga: Cara Sensor Tulisan di iPhone, Privasi Anda Jadi Lebih Aman!

Langkah Mudah Menggunakan OTG di iPhone

Berikut ini cara praktis dan mudah menggunakan OTG di perangkat iPhone antara lain:

  1. Langkah pertama buka menu pengaturan pada perangkat iPhone.
  2. Selanjutnya buka ID Wajah & Kode Sandi atau ID Sentuh & Kode Sandi.
  3. Ketuk Sambungkan ke Server.
  4. Lalu nyalakan Aksesori USB yang berada di bagian bawah, kemudian Izinkan Akses Saat Terkunci.
  5. Ketika pengaturan Aksesori USB dinonaktifkan, maka para pengguna mungkin perlu membuka kunci perangkat iOS atau iPadOS untuk menyambungkan aksesori USB.
  6. Hal penting yang perlu pengguna ketahui dalam menggunakan flashdisk OTG perangkat iPhone, maka pengguna harus mencari flashdisk yang memiliki kepala konektor dengan jenis lightning. Bentuknya berbeda dengan microUSB pada kabel konektor smartphone Android pada umumnya.
  7. Cara menggunakan OTG di iPhone selanjutnya tancapkan perangkat OTG pada iPhone/iPad. Maka handset selanjutnya akan membaca apakah bisa aplikasi file manager ini digunakan untuk membukanya.
  8. Apabila tidak bisa, maka pengguna perlu install terlebih dahulu dari Apple Store. Selanjutnya, pengguna dapat melakukan proses pemindahan data.

Apabila pengguna ingin mencari flashdisk OTG lebih singkat, maka sebaiknya cari alat dengan memakai konektor micro USB serta Lighting satu perangkat. Alat tersebut memiliki konektor Lightning pada satu sisi.

Sedangkan untuk sisi lainnya terdapat konektor USB. Bagian microUSB terdapat di dalamnya, dengan demikian pengguna perlu menekuk kepala USB untuk memperoleh konektor tipe micro tersebut.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Nada Dering iPhone Agar Tak Membosankan

Cara Mentransfer Foto dari iPhone ke OTG

Setelah OTG aktif, berikut ini cara menggunakannya untuk mentransfer foto yang ada di perangkat iPhone ke OTG antara lain:

  1. Pertama silahkan hubungkan iPhone/iPad dan flash drive Anda.
  2. Kemudian luncurkan AnyTrans dan sambungkan iPhone atau iPad Anda ke komputer dengan kabel USB > Sambungkan flash drive USB ke komputer Anda > Pilih “Pengelola Perangkat” > Klik pada tab “Foto”.
  3. Pilih kategori foto yang akan pengguna transfer.
  4. Berikutnya pengguna dapat mentransfer gambar dari iPhone/iPad ke USB flash drive.

Dengan mengetahui bagaimana cara menggunakan OTG di iPhone, maka pengguna dapat memindahkan data atau file pada ponsel. Dengan langkah ini, mengirim data atau file dapat dilakukan secara mudah dan aman.

Pastikan ponsel iPhone Anda telah support terhadap teknologi satu ini untuk mempermudah dalam penggunaannya. (R10/HR-Online)