Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Karat pada Pelek Motor yang Paling Mudah

Cara Menghilangkan Karat pada Pelek Motor yang Paling Mudah

Cara menghilangkan karat pada pelek motor sebenarnya sangat mudah meskipun masih ada banyak orang yang jarang melakukannya sendiri.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sudah ada berbagai macam model pelek sepeda motor yang tersebar luas.

Bahkan dari dulu sampai zaman sekarang ini ada salah satu model yang masih memiliki banyak pengguna yakni pelek jari-jari.

Akan tetapi masalah yang seringkali terjadi adalah terjadinya karat pada komponen tersebut. Sehingga melakukan perawatan merupakan hal yang sangat penting.

Baca Juga: Cara Merawat Pelek Motor yang Benar, Perhatikan 4 Hal Ini!

Cara Menghilangkan Karat pada Pelek Motor, Simak!

Seiring dengan bertambahnya waktu, maka komponen pada sepeda motor pasti akan mengalami proses penuaan. Sebut saja seperti bagian velg atau pelek, yang mana lambat laun pasti bisa mengalami karatan.

Karat sendiri merupakan hasil korosi yang bisa terjadi pada beberapa unsur logam karena terdapat proses bernama oksidasi.

Memang sebenarnya ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya karat, selain usia, namun juga faktor kurang perawatan.

Sehingga cara menghilangkan karat pada pelek motor ini wajib untuk Anda ketahui supaya kondisinya kembali kinclong. Bagi kebanyakan orang sudah pasti menginginkan kendaraan kesayangannya selalu terlihat bersih dan kinclong bukan?

Sehingga melakukan perawatan merupakan hal yang sangat penting untuk mereka lakukan, tak terkecuali pada bagian pelek.

Jika pelek motor Anda sudah mulai berkarat, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa tips mudah ini.

Baca Juga: Cara Mengkilapkan Pelek Jari-Jari dengan Metode Ini, Simak Caranya!

Gunakan Amplas Besi

Cara menghilangkan karat pada pelek motor untuk tips yang pertama ini Anda bisa menggunakan amplas besi untuk menerapkannya.

Seperti yang kita tahu bahwa amplas sendiri sering digunakan untuk menghaluskan permukaan benda jika benda itu akan di cat ulang.

Namun siapa sangka, ternyata amplas besi ini juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karat-karat pada bagian pelek motor. Tapi dengan catatan bahwa bisa Anda gunakan jika karat yang menempel pada pelek tidak terlalu banyak dan tebal.

Hal penting lainnya lagi adalah sebaiknya Anda memilih jenis amplas yang teksturnya lebih halus, biasanya dengan nomor 400.

Sebelum melakukan proses pengamplasan, maka jangan lupa untuk membasahi terlebih dahulu pelek dan amplasnya.

Jika sudah kemudian gosok amplas pada bagian permukaan pelek yang karatan dengan tekanan sedikit agar karat bisa rontok. Anda bisa menambahkan sabun colek untuk memudahkan pengelupasan karat kemudian siram dengan air bersih.

Minyak Tanah

Cara menghilangkan karat pada pelek motor juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak tanah dan abu gosok. Sudah menjadi rahasia umum saat akan menghilangkan karatan pada benda-benda besi, memanfaatkan minyak tanah adalah solusinya.

Nah, jika Anda ingin hasilnya menjadi lebih maksimal, maka bisa menambahkan secukupnya abu gosok pada minyak tanah tersebut.

Abu gosok sendiri adalah limbah hasil dari pembakaran kayu yang bentuknya berupa serbuk kasar berwarna hitam, putih, atau abu.

Untuk membersihkan pelek, Anda bisa mengambil abu gosok secukupnya saja pada kain lalu beri minyak tanah supaya tidak terlalu encer.

Kemudian bisa langsung Anda gunakan untuk menggosok karat pada pelek sampai karat benar-benar bersih, lalu cuci sampai benar-benar bersih.

Baca Juga: Cara Pasang Jari-Jari Motor Secara Mandiri Baik yang Baru atau Lama

Tanah Liat

Memang sedikit aneh kedengarannya jika tanah liat bisa untuk membersihkan karat ada motor khususnya pelek. Bahkan cara menghilangkan karat pada pelek motor dengan tanah liat ini juga tergolong cukup mudah.

Karena penyebab pelek bisa berkarat adalah karena jarang membersihkan kotoran seperti tanah yang menempel pada pelek. Namun siapa sangka ternyata tanah liat yang lembek dapat menyerap kotoran pada benda-benda, termasuk pelek.

Selain itu, caranya juga tergolong cukup mudah, Anda bisa menggunakan tanah liat pada bagian pelek yang ada karatnya. Gunakan bantuan kain untuk menggosoknya lalu bersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisanya.

Akan tetapi jika semua cara yang Anda lakukan kurang memuaskan, maka Anda bisa menggunakan cairan khusus anti karat. Nah, cairan ini bisa Anda peroleh dari toko maupun bengkel terdekat dengan harga terjangkau.

Bahkan cairan anti karat ini juga mampu dan efektif dalam membersihkan karat pada pelek motor. Caranya mudah, cukup semprotkan saja cairan itu secara merata pada pelek yang berkarat lalu bersihkan dengan kain.

Setelah tahu beberapa cara menghilangkan karat pada pelek motor, kini Anda bisa melakukannya sendiri dari rumah. Mudah bukan? (R10/HR-Online)