Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Karat pada Stang Motor Agar Kembali Bersih

Cara Menghilangkan Karat pada Stang Motor Agar Kembali Bersih

Cara menghilangkan karat pada stang motor ada banyak sekali dan penting untuk Anda lakukan, supaya penampilannya bisa kembali menarik lagi.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa karat sendiri memang dapat membuat penampilan motor jadi kurang menarik.

Sehingga untuk mengatasi permasalahan seperti itu adalah dengan cara menghilangkan karatnya supaya penampilan menjadi bagus. Ada banyak langkah yang bisa Anda lakukan sendiri dari rumah dan tentunya trik-trik ini tergolong sangat mudah dan praktis.

Baca Juga: Cara Meluruskan Stang Motor yang Bengkok Sesuai Penyebabnya

Cara Menghilangkan Karat pada Stang Motor yang Mudah, Bagaimana Langkahnya?

Berbagai macam permasalahan pada kendaraan tak terkecuali motor bisa saja muncul karena faktor usia maupun hal-hal lainnya.

Sepeda motor sendiri merupakan salah satu jenis kendaraan yang sangat populer, karena hampir setiap orang pasti memilikinya.

Selanjutnya perawatan kendaraan juga tidak hanya berfokus pada bidang body-nya saja, melainkan komponen lain. Pasalnya komponen-komponen lain seperti itu juga harus mendapatkan perawatan agar tak mudah rusak.

Sebut saja seperti stang motor, yang mana harus mendapat perawatan khusus sebab komponen ini memang rentan terjadinya karat.

Stang sendiri berfungsi untuk membelokkan motor ke kanan dan kiri serta memudahkan dalam mengendarainya.

Karena fungsinya yang sangat penting, maka Anda sebagai pemilik motor harus rajin merawatnya supaya tak mudah rusak.

Jika stang motor kesayangan Anda sudah terlanjur berkarat maka jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan seperti ini:

Baca Juga: Stang Motor Miring ke Kanan, Ini Dia Cara Mengatasinya dengan Mudah

Menggunakan Amplas

Cara menghilangkan karat pada stang motor untuk tips yang pertama ini adalah dengan menggunakan amplas.

Bahkan cara yang satu ini tergolong sangat mudah dan murah, Anda bisa menggunakan amplas dengan nomor 2000 yang halus.

Sebelum melakukan pengamplasan, maka jangan lupa untuk membasahi dahulu stang menggunakan air dan oleskan dengan sabun colek. Jika sudah, kemudian Anda bisa langsung melakukan prosesnya hingga kondisinya benar-benar bersih.

Apabila karat sudah mulai rontok Anda bisa membilasnya menggunakan air dan amati hasilnya apakah masih ada karat atau tidak. Jika masih terlihat sedikit karat, maka Anda bisa mengulangi cara yang sama sampai karat benar-benar hilang.

Namun jika karat yang menempel itu terlalu banyak dan tebal, sebaiknya Anda bisa mengamplaskan dengan nomor 400.

Kemudian barulah Anda mengulanginya dengan amplas halus tadi untuk menghilangkan goresan bekas dari amplas kasar tersebut.

Cairan Asam Alami

Cara menghilangkan karat pada stang motor juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan cairan asam alami seperti perasan lemon.

Pasalnya cairan asam seperti ini cukup efektif untuk merontokkan karat-karat yang susah untuk dihilangkan.

Namun untuk membantu proses penghilangan karat ini, maka Anda bisa memberi tambahan garam secukupnya kemudian lanjutkan dengan cairan itu.

Akan lebih baik lagi jika Anda merendam stang ke dalam cairan asam sebelum akhirnya menggosoknya agar mudah.

Air Soda

Sama halnya seperti cairan asam, sebab air soda ini juga bersifat asam dan memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Sehingga dengan demikian mampu untuk membersihkan karat secara menyeluruh pada stang motor.

Dalam melakukan langkah ini Anda bisa menggunakan bantuan dengan kain bersih dan lakukan secara berulang-ulang. Setelah itu, gosokkan secara perlahan sampai karat benar-benar hilang dan lakukan berulang kali.

Baca Juga: Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Stabil yang Paling Sering Terjadi

Menggunakan Produk Anti Karat

Cara menghilangkan karat pada stang motor yang terakhir ini adalah dengan menggunakan produk anti karat ini. Anda bisa menemukan produk ini di sejumlah toko-toko teknik maupun bengkel yang menjualnya.

Cairan ini memang mengandung banyak bahan kimia yang efektif dalam merontokkan karat, tak terkecuali pada stang motor. Karena banyak yang beredar maka Anda harus bisa memilih produk yang berkualitas dan aman.

Sementara itu cara penggunaannya juga mudah, yakni dengan menggosokkan cairan itu ke bagian stang yang ada karatnya.

Tapi sebelum menggosokkannya maka sebaiknya bagian karat itu sudah harus Anda bersihkan agar terhindar dari kotoran seperti debu.

Untuk memudahkannya maka Anda bisa melepas stang, sebab bagian sambungan antara motor dan stang adalah bagian yang sering berkarat. Kekuatan untuk menggosokkan karat pada stang ini juga tergantung dari tingkat keparahan karat tersebut.

Jika sudah, kemudian bersihkan perlahan supaya karatnya benar-benar hilang dari stang motor.

Cara menghilangkan karat pada stang motor memang tergolong sangat mudah, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri dari rumah. (R10/HR-Online)