Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengirim Paket Sepeda Motor Melalui Program Persero

Cara Mengirim Paket Sepeda Motor Melalui Program Persero

Cara mengirim paket sepeda motor bisa melalui kereta api. Cara ini membantu memudahkan para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman.

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sepeda motor diantar ke mana saja. Termasuk bagi Anda yang ingin mengirimnya ke berbagai tempat.

Apalagi mengingat jika sepeda motor menjadi salah satu transportasi yang cukup dibutuhkan. Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda pilih ketika hendak mengirimkan sepeda motor.

Semua jasa yang bisa Anda gunakan memiliki kriteria persyaratan yang berbeda. Termasuk cara mengirim paket sepeda motor melalui kereta api.

Baca Juga: Cara Darurat Ketika Kunci Motor Hilang, Jangan Panik! Ini Tipsnya!

Cara Mengirim Paket Sepeda Motor dengan Kereta Api

Kereta api menjadi salah satu pengiriman berbagai barang paling populer dan memiliki harga relatif murah. Meski demikian, pengirimannya juga tergolong lebih cepat.

Sebab keberangkatan paket kereta api tepat waktu. Hanya saja setiap tempat tujuan pengiriman sepeda motor memiliki tarif yang berbeda.

Biasanya harga tersebut bisa disesuaikan dengan kriteria tipe motor, berat, hingga jarak. Namun tahun ini PT KAI Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan angkut motor gratis.

Layanan gratis yang satu ini sudah ada sejak tanggal 20 April 2022 sampai 8 Mei 2022 kemarin. Namun semua bisa tertutup sesuai dengan kuota yang tersedia.

Pihak Persero sendiri telah menentukan tiket peserta motor gratis sejumlah 13.800. Sedangkan untuk layanan motis sebanyak 9.280 unit untuk arus mudik bolak balik.

Adanya program ini sengaja pemerintah lakukan guna mengurangi penggunaan roda dua untuk perjalanan mudik.

Baca Juga: Cara Membuat Jok Motor Tidak Licin Menggunakan Langkah Ini

Syarat Angkutan Motor Gratis

Pihak persero memberikan pelayanan angkutan motor gratis atau motis bagi mereka yang ingin mudik ke kampung halaman.

Cara mengirim paket sepeda motor melalui PT KAI (Kereta Api Indonesia) ini tidak bisa begitu saja. Ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Adapun beberapa di antaranya yaitu:

  • Mendaftarkan program tersebut melalui online maupun datang langsung ke lokasi. Selain itu, melakukan pengisian data beserta dokumen lengkap baik itu, STNK, Tiket, maupun KTP
  • Peserta merupakan penumpang yang akan melakukan mudik dengan tiket KA, bus ,atau travel
  • Selain itu, persyaratan lain bagi peserta wajib melakukan daftar ulang. Hal ini perlu peserta lakukan saat penyerahan sepeda motor H-1 sebelum keberangkatan
  • Bagi mereka yang tidak melakukan daftar ulang maka pendaftaran tersebut akan gagal secara otomatis, pengambilan kendaraan wajib membawa bukti pengiriman BTT (Bukti Tanda Terima), STNK asli, KTP, dan tiket
  • Jika pengambilan lebih dari H+1 kendaraan akan ada di tempat parkir stasiun dan biaya pemilik kendaraan yang menanggungnya
  • Gunakan aplikasi peduli lindungi

Baca Juga: Cara Mengatasi Jok Motor Rembes dengan 3 Metode Sederhana

Cara mengirim paket sepeda motor ini berlaku untuk kendaraan roda dua maksimal 200 CC. Selain itu, peserta wajib memenuhi persyaratan tersebut untuk bisa mengikuti program angkut motor gratis atau Motis. (R10/HR-Online)