Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengisi Baterai Mobil Listrik Paling Mudah dan Praktis

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik Paling Mudah dan Praktis

Cara mengisi baterai mobil listrik penting untuk Anda ketahui mulai dari sekarang, terlebih jika Anda adalah salah satu pemilik mobil tersebut.

Hal ini wajib untuk Anda pahami, sebab ada beberapa orang yang justru tidak mengetahuinya.

Jangan sampai Anda nanti merasa malu saat ada orang yang bertanya karena tidak tahu bagaimana cara pengisian baterainya.

Sementara itu, pengisian baterai mobil listrik ini bisa Anda lakukan sendiri dari rumah atau di stasiun pengisian alias SPKLU.

Baca Juga: Jenis Baterai Mobil Listrik yang Biasa Digunakan dalam Dunia Otomotif

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik yang Penting untuk Anda Ketahui

Seperti yang kita tahu bahwa mobil listrik bertipe BEV alias Battery Electric Vehicle menggunakan energi listrik.

Ini bertujuan sebagai sumber penggerak sekaligus pengoperasioan pada kendaraan roda empat ini.

Jadi prinsipnya ini sama halnya seperti barang elektronik, apabila habis daya maka harus segera diisi lagi supaya bisa digunakan.

Terkait hal itu sebenarnya untuk mengisi daya pada jenis mobil listrik seperti ini juga tergolong sangat mudah.

Meski demikian, ada beberapa mobil yang memiliki sistem pengisian berbeda, sehingga cara pengisiannya juga berbeda pula. Berikut ini ada cara pengisian daya baterai mobil yang bisa Anda lakukan di SPKLU saja.

Baca Juga: Ciri Baterai Remote Mobil Habis dan Atasi Timbulnya Masalah Baru

Tips Mengisi Daya Baterai

Cara mengisi baterai mobil listrik untuk tips yang satu ini adalah dengan mendownload dahulu aplikasi bernama Charge.IN. Selanjutnya Anda bisa mencari SPKLU terdekat dan meluncur ke SPKLU yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Langkah berikutnya colokkan nozzle pengisi baterai ke mobil dan tempelkan kartu NFC mobil pada tempat pengisian sebagai otentikasi.

Jangan lupa untuk scan QR Code yang tersedia dan masukkan kWh yang akan Anda isi ke mobil listrik, nanti akan otomatis terlihat.

Sementara itu untuk proses pembayarannya maka Anda bisa membayar pengisian dengan LinkAja. Selanjutnya tunggu sampai beberapa saat hingga proses pengisian daya selesai. Mudah bukan?

Baca Juga: Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi, Bisa Karena Baterainya Lemah

Mudahnya Mengisi Baterai Listrik

Salah satu keunggulan pada mobil listrik yaitu cara pengisian daya yang tergolong lebih mudah dan simpel. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mobil jenis BEV sebenarnya sudah lengkap untuk melakukan pengisian baterai.

Pasalnya, Anda bisa menggunakan in-cable control atau portable charger supaya bisa mengecas melalui stop kontak standar dalam rumah.

Sementara itu, jika melalui SPKLU maka bisa mengisi hingga satu jam melalui mode fast charging.

Biasanya lama pengisian daya baterai listrik ini juga bisa tergantung pada besarnya daya yang tersimpan oleh baterai mobil itu sendiri.

Namun biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam apabila menggunakan charger biasa dan selama 1 jam jika menggunakan fast charger.

Dari beberapa cara mengisi baterai mobil listrik seperti itu, kini Anda memiliki kesempatan untuk segera mengisinya sekarang juga. (R10/HR-Online)