Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menguras Air Aki Mobil dari Rumah yang Mudah, Simak!

Cara Menguras Air Aki Mobil dari Rumah yang Mudah, Simak!

Cara menguras air aki mobil hingga bersih bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah, jika tak mampu, maka bawa saja ke tukang bengkel terdekat.

Nah, menguras aki mobil sendiri merupakan salah satu cara untuk memperbaiki aki yang soak, lemah atau ngedrop.

Sebenarnya menguras aki bisa Anda lakukan sendirian asalkan hati-hati dengan cairan akinya, sebab itu merupakan cairan keras.

Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan hal penting lainnya ini supaya lebih aman dan berjalan lancar saat menerapkannya.

Baca Juga: Sistem Pengisian Aki Mobil, Kenali Cara Kerja dan Fungsinya Ini!

Cara Menguras Air Aki Mobil Termudah dan Simpel

Kebanyakan para pengguna kendaraan terutama mobil pasti pernah mengalami mogok hingga tidak dapat mereka starter. Hal seperti ini bisa saja terjadi karena jarang melakukan pengecekan kondisi mesin, terutama aki.

Apalagi jika mobil tersebut jarang digunakan dalam jangka waktu cukup lama, maka hal tersebut bisa membuat aki menjadi tekor atau soak.

Maka dari itu, Anda sebagai pemilik mobil maka menjadi kewajiban untuk selalu menjaga kondisi aki supaya tidak bermasalah lagi.

Mengingat bahwa baterai atau aki pada sebuah kendaraan terutama mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Sebab, aki akan menyimpan arus listrik yang kemudian disuplai ke bagian mobil lainnya dan menggerakkannya.

Selain itu aki sendiri juga memiliki banyak fungsi lain seperti untuk menyimpan energi hingga sebagai penyuplai energi listrik ke sistem perapian.

Sebelum melakukan pengurasan maka akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui apa penyebab aki soak.

Baca Juga: Cara Cabut Aki Mobil yang Benar Dimulai Dari Terminal Negatif

Penyebab Aki Bisa Soak atau Tekor

Sebelum lanjut ke cara menguras air aki mobil, sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebab aki bisa soak alias tekor. Memang soak ini bisa terjadi karena kondisi mesin kendaraan yang sudah lama mati.

Tidak hanya itu saja melainkan air aki yang sudah habis, air aki keruh, hingga alternator rusak juga bisa menjadi penyebab lainnya. Jika sudah seperti itu maka mau tidak mau Anda harus segera memperbaikinya supaya kondisinya tidak semakin parah.

Aki yang soak seperti ini memang menjadi masalah yang cukup besar sehingga harus segera kita perbaiki sesegera mungkin.

Menimbang dari sejumlah sebab aki tekor pada umumnya itu, maka melakukan pengurasan aki juga menjadi hal yang sangat penting.

Untuk melakukannya Anda bisa menerapkannya dari rumah saja namun dengan memperhatikan hal penting ini. Biasanya aki yang harus kita kuras itu adalah jenis aki basah dan harus kita cek secara berkala.

Langkah untuk Menguras

Sebelum melakukan cara menguras air aki mobil, maka Anda sudah harus menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu. Misalnya seperti sarung tangan, obeng, masker, air panas, air kran untuk mencuci, corong kecil, hingga air aki atau accu zuur.

Pertama-tama Anda bisa melepas aki dari mobil dan puba penutup lubang aki menggunakan obeng maupun memutar dengan tangan saja.

Selanjutnya buang cairan aki dengan cara dibalik, namun harus hati-hati karena air aki memang berbahaya.

Selanjutnya masukkan air panas melalui lubang aki dan kocok sampai bersih lalu buang dan lakukan secara berulang. Balikkan aki dan biarkan sampai sisa-sisa airnya benar-benar habis keluar.

Kemudian isi aki menggunakan air aki atau accu zuur hingga batas upper level dan charger aki maupun setrum aki. Kini aki sudah siap untuk Anda gunakan kembali. Mudah bukan?

Baca Juga: Aki Mobil Tekor, Kenali Apa Saja Penyebab yang Sering Terjadi

Seberapa Penting Mengganti Air Aki?

Setelah Anda tahu cara menguras air aki mobil maka Anda juga harus mengetahui tentang pentingnya untuk mengganti aki. Air aki sendiri mengandung asam sulfat yang dapat menyebabkan korosi apabila terkena logam pada mobil.

Biasanya mengganti air aki harus Anda lakukan ketika kondisi aki sudah kotor maupun sudah mengalami gejala penurunan kinerjanya.

Perawatan yang paling umum adalah dengan melakukan pengecekan level ketinggian air aki tersebut.

Sebaiknya air aki mobil selalu Anda cek secara berkala sebab volumenya bisa berkurang hingga menyebabkan aki menjadi soal. Padahal aki sendiri adalah salah satu komponen yang penting pada sebuah kendaraan, tak terkecuali mobil.

Misalnya aki tekor hanya karena lama tidak Anda gunakan, maka cukup mengecas aki tersebut. Atau mungkin juga bisa dengan mengurasnya, sebab ini adalah trik yang paling ampuh jika aki sudah soak.

Nah, dengan beberapa cara menguras air aki mobil seperti itu, maka kini Anda bisa melakukannya sendiri dari rumah. Mudah bukan? (R10/HR-Online)