Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Meningkatkan Imun Tubuh, Ini Rekomendasi Terbaik

Cara Meningkatkan Imun Tubuh, Ini Rekomendasi Terbaik

Cara meningkatkan imun tubuh dengan asupan tidak harus selalu menggunakan supleman. Ada sejumlah bahan dan cara alami yang mudah kita lakukan agar kekebalan atau imunitas tubuh terus terjaga dan meningkat. Dengan begitu kita terhindar dari berbagai penyakit.

Daya tahan tubuh atau juga sering disebut dengan sistem imunitas tubuh merupakan kemampuan tubuh manusia untuk bisa menangkal semua jenis kuman dan juga virus yang masuk dan menyerang ke dalam tubuh.

Baca juga: Makanan untuk Menjaga Imun Tubuh, Variasikan Menu Hariannya

Sistem kekebalan tubuh merupakan mekanisme alami dalam melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Selain mkanisme dari dalam tubuh itu sendiri, imun tubuh juga bisa kita tingkatkan dengan asupan dari luar.

Apabila daya tahan tubuh baik, maka kondisi Anda akan sehat. Kita juga tidak mudah sakit, sehingga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Sedangkan jika daya tahan tubuh Anda buruk atau sedang menurun, maka tubuh akan menjadi mudah terserang berbagai kuman dan juga virus. Sehingga akan menyebabkan mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Karena itulah Anda harus menjaga agar daya tahan tubuh Anda tetap baik sehingga badan menjadi selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Namun sayangnya sebagian besar orang tidak sadar jika gaya hidup yang mereka jalani tidaklah sehat. Sehingga akan sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karena itu tidaklah heran jika mudah terserang berbagai macam penyakit.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh dengan Bahan Alami

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat sangat penting. Terutama pada saat pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai, meski angka kasusnya terus menurun.

Baca juga: Makanan Rendah Kalori yang Bermanfaat untuk Diet dan Imunitas

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh juga tidak sulit. Nah, berikut ini cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang mudah, murah, namun cukup efektif.

Bawang Putih

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga daya tahan tubuh adalah dengan menggunakan bawang putih. Bumbu dapur ini merupakan suatu agen anti mikroba alami yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun bawang putih yang kita olah dengan memasak akan bisa mematikan senyawa yang terkandung dalam herbal ini. Karena itu akan sangat baik jika kita konsumsi dalam bentuk segar begitu saja.

Sinar Matahari

Cara meningkatkan imun tubuh yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit adalah dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Seperti yang Anda ketahui bahwa paparan sinar matahari yang cukup akan memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Ini tentunya akan sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda.

Makan Buah dan Sayuran

Mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran dalam jumlah yang cukup juga bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Buah-buahan dan sayuran sendiri sangatlah kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Sehingga daya tahan tubuh Anda juga akan semakin meningkat dan membuat badan Anda menjadi sehat.

Tidur Cukup

Cara meningkatkan imun tubuh yang juga bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat adalah dengan tidur yang cukup. Sebab jika Anda cukup tidur, maka tubuh Anda beristirahat dengan sempurna.

Baca juga: Ciri Tubuh Kekurangan Protein, Imun Tubuh Lemah Hingga Insomnia

Sehingga nantinya kekuatan tubuh akan kembali pulih. Sebaiknya Anda tidur pada malam hari secara cukup, yakni sekitar 6 hingga 8 jam. Dengan waktu tidur yang baik akan membuat bangun pagi Anda menyenangkan dan tubuh pun akan terasa segar.

Mengelola Stres

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit adalah dengan mengelola stress. Sebab jika Anda mengalami stres yang berkepanjangan maka akan bisa meningkatkan hormon kortisol.

Baca juga: Tanda Imun Tubuh Melemah, Waspadai agar Kondisinya Tetap Stabil!

Hormon ini akan bisa mengurangi kekebalan tubuh. Bahkan stress akan mendekatkan kita dengan penyakit. Karena itu tentunya Anda harus bisa mengelola stres sehingga sistem kekebalan tubuh Anda akan tetap terjaga.

Itulah berbagai cara meningkatkan imun tubuh yang perlu Anda lakukan. Dengan melakukan berbagai cara tersebut akan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga membuat tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. (R10/HR-0nline)