Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Merawat Pelek Motor yang Benar, Perhatikan 4 Hal Ini!

Cara Merawat Pelek Motor yang Benar, Perhatikan 4 Hal Ini!

Cara merawat pelek motor tentunya penting untuk diketahui oleh pemilik kendaraan. Karena pelek menjadi bagian komponen penting untuk sebuah kendaraan, termasuk sepeda motor.

Namun sayangnya, para pengguna sepeda motor kerap mengabaikan perawatan komponen yang gampang kotor dan berkarat itu.

Kenyamanan dan keamanan saat mengendarai sepeda motor erat kaitannya dengan kondisi pelek. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan terhadap komponen motor yang satu ini.

Merangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam merawat pelek yang benar.

Apa saja empat hal itu? Langsung saja simak ulasan yang disampaikan Main Dealer Yamaha dari PT Thamrin Brothers ini;

Baca Juga : Fungsi Stabilizer Rantai Motor Lengkap dengan Pengertiannya

4 Cara Merawat Pelek Motor yang Benar

Bersih

Hal yang pertama perlu Anda lakukan yaitu membiasakan untuk membersihkan pelek sepeda motor secara menyeluruh. Apalagi jika sudah terkena air hujan maupun usai melewati jalan yang tergenang air.

Kondisi pelek yang makin bersih maka akan terhindar dari munculnya karat yang bisa mempercepat kerusakan.

Ukuran Ban

Baca Juga : Ciri Kipas Radiator Motor Rusak yang Harus Segera Anda Tangani

Cara merawat pelek motor yang berikutnya yaitu memperhatikan ukuran ban. Karena tak sedikit pecinta sepeda motor memodifikasi motornya hingga ke bagian pelek dan ban. Tapi terkadang mereka tidak memperhatikan urusan kenyamanan saat mengendarainya.

Padahal ukuran ban yang sesuai juga menjadi bagian penting untuk kenyamanan berkendara. Seperti contohnya, jangan menggunakan ban yang diameternya melebihi pelek.

Sebab hal itu bisa mengurangi keseimbangan roda serta mempengaruhi manuver ban. Jadi, pilih pelek asli keluaran pabrik dan yang berkualitas baik atau bermerek.

Tekanan Udara Ban

Selanjutnya, perhatikan tekanan udara pada ban. Ini juga menjadi salah satu cara merawat pelek motor yang baik dan benar.

Baca Juga : Tanda Minyak Rem Motor Harus Ganti, Jangan Disepelekan!

Sebab, tekanan udara pada ban sebuah kendaraan sangat berpengaruh terhadap fungsi dan keawetan pelek itu sendiri.

Apabila tekanan udaranya makin kecil, maka akan semakin besar peluang terjadinya kerusakan pada pelek akibat sering terkena benturan. Baik dengan batu maupun lubang yang ada di jalanan.

Hindari Melintasi Jalan Berlubang

Cara merawat pelek motor yang terakhir ini menyoroti pengendara saat di jalan. Dalam hal ini, Anda harus menghindari jalan berlubang ketika melintasi jalanan yang rusak.

Karena, semakin sering pelek dan ban luar berbenturan dengan bebatuan atau logam, maka tekanan udara pada ban akan berkurang.

Selain itu, juga bisa merusak keutuhan kedua komponen tersebut. Itulah cara merawat pelek motor yang baik dan benar.

Empat hal itu penting bagi pengguna sepeda motor demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. (R3/HR-Online/Editor-Eva)