Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ngegas Motor yang Benar, Pengendara Matic Wajib Tahu!

Cara Ngegas Motor yang Benar, Pengendara Matic Wajib Tahu!

Cara ngegas motor yang benar perlu kita terapkan dalam berkendara. Dalam berkendara, kita harus melakukan teknik berkendara yang benar agar keselamatan kita terjaga. Termasuk dalam urusan mengegas motor matic.

Meskipun motor matic penggunaannya termasuk mudah, akan tetapi pengendara tidak boleh asal gas dan rem saja.

Ada tips khusus yang perlu Anda perhatikan saat mengendarai motor matic, salah satunya teknik gas.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor, Cek Langkah-langkahnya!

Cara Ngegas Motor yang Benar untuk Matic

Meskipun matic pengoperasiannya hanya dengan gas dan rem, pengendara tidak boleh asal-asalan dalam mengendarainya.

Cara ngegas motor matic pun perlu Anda lakukan dengan langkah yang tepat. Sehingga, keselamatan pengendara bisa menjadi lebih terjamin.

Tak hanya itu saja, jika mengendarai motor dengan benar, maka motor bisa menjadi lebih awet dan terhindar dari berbagai macam kerusakan.

Buat Anda pengendara motor matic, maka Anda perlu tahu cara ngegas motor yang benar seperti berikut ini.

Nyalakan Motor dengan Benar

Cara menyalakan motor matic memang berbeda dengan menyalakan motor kopling atau bebek. Agar motor matic Anda menyala, maka Anda harus menekan electric starter dan menarik tuas rem secara bersamaan.

Apabila motor matic Anda tidak mau menyala juga, pastikan apakah standar samping telah terangkat. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk semua motor matic.

Sebab, ada beberapa jenis motor matic yang tidak akan menyala apabila standar samping motor tersebut masih dalam keadaan turun.

Pegang Handle Gas Penuh

Pada saat mengendarai sepeda motor matic, maka Anda harus menggenggam penuh handle gas dengan menggunakan keseluruhan jari Anda.

Sebab, dengan posisi tangan yang seperti ini Anda dapat lebih mudah mengendalikan kontrol sepeda motor yang Anda kendarai.

Tak hanya itu saja, pada saat Anda ingin mengerem, nantinya gas akan terlepas sedikit. Dengan begitu, kecepatan motor perlahan akan berkurang.

Baca Juga: Penyebab Tromol Belakang Panas, Temukan Jawabannya di Sini!

Tarik Gas dengan Lembut

Cara ngegas motor yang benar juga perlu dilakukan dengan menarik gas yang lembut atau perlahan. Tahukah Anda, ternyata menarik gas dengan benar dan lembut juga bisa mengurangi konsumsi bahan bakar.

Pada saat ngegas, maka motor akan memproduksi ledakan bahan bakar dan udara yang akan disalurkan ke ruang bakar.

Nah, kecepatan putaran mesin akan berbanding lurus dengan tenaga motor yang dihasilkan.

Dengan demikian, pengaturan jumlah bahan bakar dan udara akan sesuai dengan jumlah putaran gas tangan dibuka.

Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus bisa mengatur bukaan gas dengan cara menarik gas dengan lembut. Jangan membuka gas dengan terlalu besar kemudian mengeremnya.

Cara seperti ini bisa menjadikan bahan bakar yang terkirim ke tenaga putar jadi percuma.

Tak hanya itu saja, usahakan motor yang Anda kendarai bergerak dengan kecepatan yang sesuai ketika melaju di jalan raya.

Anda juga harus mengenali seberapa besar bukaan gas yang pas untuk menggerakkan motor yang Anda kendarai.

Rasakan Beda Tarikan Gas

Cara ngegas motor yang benar selanjutnya bisa Anda lakukan dengan merasakan tarikan gasnya.

Tarikan gas dari motor tipe matic dan beberapa jenis motor lainnya pastinya tidaklah sama. Untuk tarikan gas pada motor matic memang lebih berat daripada motor lainnya.

Penyebabnya adalah karena dalam mesin motor matic sengaja dirancang supaya bisa berjalan pada saat mencapai RPM tertentu.

Pada saat awal-awal, mungkin tarikannya akan lebih terasa berat. Namun, pada waktu motor sudah berjalan, tarikan gasnya tidak akan terasa berat lagi.

Bahkan, jika Anda ingin ngegas dengan kencang, kecepatan motor matic bisa lebih maksimal dan tidak akan ketinggalan dengan motor lainnya.

Baca Juga: As Roda Belakang Motor Matic Macet, Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya

Teknik Gas Saat Turunan dan Tanjakan

Cara ngegas motor yang benar juga perlu Anda terapkan pada saat sedang melewati jalanan dengan berbagai kondisi, misalnya saat jalan turunan dan tanjakan.

Mengendarai motor matic dalam kondisi jalanan menurun dan menanjak memang sedikit berbeda.

Saat berkendara pada jalanan menurun, maka cobalah untuk sedikit melambat. Caranya yaitu dengan melepas gas dan menggunakan rem.

Sebab, apabila motor matic Anda biarkan melaju terlalu kencang, ini akan membahayakan Anda dan pengendara lain di sekitarnya.

Kemudian, saat kondisi jalan menanjak, pastikan Anda menambah kecepatan sebelum melintasi jalanan yang menanjak. Jadi, sebelumnya Anda harus sudah siap untuk menambah gas motor matic Anda.

Dengan menerapkan cara ngegas motor yang benar, maka Anda bisa berkendara dengan selamat dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada motor Anda. (R10/HR-Online)