Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Run Android Studio di HP Android Langsung Secara Mudah

Cara Run Android Studio di HP Android Langsung Secara Mudah

Cara run Android studio di HP perlu mengaktifkan mode pengembang (developer mode) terlebih dahulu. Terutama di HP Android yang akan digunakan sebagai alat untuk menjalankan projek Android studio tersebut.

Selain itu, mengembangkan suatu aplikasi dengan menggunakan Android Studio, pastinya memerlukan beberapa kali pengujian atau tes aplikasi pada perangkat Android.

Selain itu, menghubungkan perangkat bisa dengan menggunakan kabel USB. Sehingga tidak perlu repot-repot menggunakan emulator.

Baca Juga: Cara Opera Mini Gratis di Android, Bagaimana Mendapatkannya?

Inilah Cara Run Android Studio di HP Android

Dengan menggunakan perangkat Android, kita secara langsung dapat melakukan running aplikasi tersebut untuk menguji apakah terdapat error sebelum kita publish.

Aktifkan Mode Pengembang

Pertama Anda perlu mengaktifkan mode pengembang. Hal ini bisa Anda lakukan dengan buka aplikasi Pengaturan (Setting).

Untuk membuka opsi pengembangan pada ponsel Android, dapat masuk ke dalam Pengaturan tersebut, opsi pengembangan akan terlihat.

Termasuk opsi Pengembangan atau Developer Mode pada ponsel Android tersebut, apabila tidak ada, maka dapat mengaktifkannya dengan cara membuka menu About Phone atau Tentang Ponsel.

Nantinya akan ada Nomor bentukan atau Build Number. Anda tinggal klik (sebanyak 5x atau lebih) hingga muncul pesan Anda Sudah Menjadi Pengembang.

Apabila proses tersebut sudah, Anda kembali ke menu pengaturan. Selanjutnya akan muncul menu baru bernama Opsi Pengembangan (Developer Mode). Setelah itu klik menu tersebut, maka Anda akan dialihkan pada halaman Pengembang.

Apabila perangkat Anda menggunakan Android versi 8.0 atau lebih tinggi, maka Anda pilih Sistem (System). Apabila tidak, maka lanjutkan ke cara run Android studio di HP selanjutnya.

Lakukan scroll ke bawah untuk menemukan dan mengaktifkan proses USB debugging.

Baca Juga: Cara Menggunakan DVBFinder Android yang Mudah untuk Tracking

Menjalankan Projek di HP Android Langsung

Ketika Anda telah mengaktifkan USB debugging, maka hubungkan HP Android ke komputer dengan kabel USB. Selanjutnya Android Studio akan mampu menampilkan device yang Anda pasang di aplikasi Android Studio pada bagian toolbar.

Kemudian pada Android Studio, Anda pilih app dari menu drop-down konfigurasi run/debug di toolbar. Lalu pilih Device HP Android yang muncul dari menu drop-down perangkat target.

Jika sudah, maka silahkan jalankan projek Android Studio dengan menggunakan device yang telah terpasang pada komputer. Selanjutnya Projek Android Studio tersebut telah terpasang di HP Android.

Namun sebelum cara run Android studio di HP, Anda sudah mengaktifkan USB Debugging pada Ponsel Android. Kemudian Anda harus menginstall Driver untuk ponsel Android tersebut.

Anda dapat mendownloadnya di Internet. Pastikan sesuai dengan merek dan jenis Androidnya. Sehingga bisa terbaca oleh komputer/laptop.

Anda bisa buka aplikasi Android Studio dan buat project baru. Anda install terlebih dahulu Google USB Driver pada Android Studio, dengan cara klik SDK Manager.

Setelah itu sambungkan perangkat Android Anda menggunakan kabel USB. Selanjutnya coba Klik Run/Jalankan Project

Tahukah Anda Android studio sekarang menjadi salah satu editor terbaik. Terutama untuk menghasilkan aplikasi Android. Karena aplikasi ini sekarang terus menerus dikontrol secara konsisten.

Sekaligus menjadi salah satu aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang diusulkan untuk membuatkan aplikasi Android.

Baca Juga: Cara Format Flashdisk NTFS di Android dengan Bantuan Aplikasi

Jalankan Projek Android Anda

Sementara untuk melaksanakan cara run Android studio di HP, Anda bisa pilih nama konfigurasi yang telah Anda buat. Barulah tekan tombol run warna hijau atau pilih suguhan Run > Run Android.

Pada pembicaraan deployment yang muncul, maka Anda pilih HP Xiaomi Anda. Sehingga aplikasi eksklusif diinstall dan dilaksanakan di HP Android Anda. Lalu tekan tombol OK.

Apabila tidak mendapatkan nama HP Xiaomi Anda saat menjalankan projek Android, berarti HP Xiaomi Anda belum terdeteksi oleh windows kemungkinan drivernya belum diinstall.

Untuk dapat terhubung dengan aplikasi Android Studio, maka Anda mesti menginstall driver HP xiaomi Anda.

Apabila Anda berhasil, maka aplikasi Anda akan di kompile serta terinstall di HP Xiaomi dan siap untuk diuji coba.

Run projek Android tersebut menggunakan HP Android jauh lebih singkat. Hal ini jika dibandingkan memakai virtual device. Cara run Android studio di HP Android bisa berjalan baik jika sesuai panduan. (R10/HR-Online)