Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Tumbuhan Bernapas dan Alat Pernapasan Mereka yang Unik!

Cara Tumbuhan Bernapas dan Alat Pernapasan Mereka yang Unik!

Cara tumbuhan bernapas bukanlah menggunakan hidung seperti manusia. Tumbuhan akan bernapas dengan cara yang unik dan berbeda.

Di sekolah kamu pasti sudah pernah mempelajari ciri-ciri dari makhluk hidup. Dari ciri-ciri tersebut, yang membedakan makhluk hidup dengan tidak hidup adalah bernapas.

Tumbuhan sebagai salah satu jenis makhluk hidup tentu saja juga bernapas. Bagaimana sebenarnya cara mereka melakukan pernapasan?

Baca Juga: 5 Jenis Pigmen pada Tumbuhan dan Berbagai Fungsinya, Ini Dia!

Cara Tumbuhan Bernapas untuk Bertahan Hidup

Jika berbicara mengenai pernapasan, maka yang terlintas pasti adalah pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Hal ini terjadi pada organ pernapasan yang ada pada hewan dan manusia.

Namun, hal tersebut tidak sama seperti yang terjadi pada tanaman. Mereka tidak memiliki struktur organ pernapasan yang berfungsi untuk tempat pertukaran gas.

Namun demikian, tumbuhan memiliki organ bernama stomata dan lentisel. Kedua organ tersebutlah yang akan membantu tumbuhan dalam bernapas.

Tumbuhan akan menyerap oksigen yang ada pada udara sekitar untuk kemudian menghasilkan air dan energi yang juga berguna untuk kehidupan manusia, serta karbon dioksida.

Pernapasan pada tumbuhan dalam prosesnya mereka juga menghasilkan makanan yang berguna untuk bertahan hidup. Proses menghasilkan makanan ini juga terkenal dengan nama fotosintesis.

Fotosintesis dapat tumbuhan hijau lakukan jika terdapat kadar karbon dioksida dan juga sinar matahari yang melimpah. Pada saat itulah stomata akan membuka dan menyerap karbon dioksda, sedangkan klorofil menyerap cahaya.

Fotosintesis bertujuan untuk mengubah air dan karbon menjadi oksigen serta hidrogen. Kedua hal tersebut sangat penting untuk tumbuh kembang tumbuhan.

Baca Juga: Manfaat Fotosintesis Bagi Tumbuhan serta Proses Berlangsungnya

Alat Pernapasan Tumbuhan

Untuk cara tumbuhan bernapas, mereka menggunakan alat pernapasan. Mereka memiliki setidaknya 3 alat pernapasan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Stomata

Alat pernapasan ini juga terkenal dengan istilah mulut daun. Stomata adalah alat pernapasan yang berupa celah dengan dua sel penjaga yang terletak pada permukaan daun.

Sel penjaga tersebut bertugas untuk mengatur kapan terbuka dan tertutupnya stomata sesuai dengan kondisi lingkungan.

  1. Lentisel

Bentuk dari alat pernapasan satu ini seperti lubang-lubang haus. Lentisel berada di bagian batang tumbuhan.

Fungsi dari lentisel juga serupa dengan stomata, yaitu sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Lentisel tersusun atas beberapa sel gabus yang terpisah oleh interseluler. Hal tersebut membuat susunan batang menjadi lebih longgar.

Baca Juga: Tulang Daun Monokotil Tumbuhan: Ciri-Ciri dan Klasifikasinya!

  1. Rambut Akar

Tumbuhan tidak hanya bernapas dari udara saja. Mereka juga dapat bernapas melalui tanah.

Selain menyerap mineral dan air dari tanah, rambut akar juga berfungsi sebagai alat pernapasan. Sebab, rambut akar juga akan menyerap udara yang ada di pori-pori tanah.

Bagaimana, cara tumbuhan bernapas sangat menarik bukan? Proses pernapasan tersebut membuat mereka termasuk ke dalam jenis makhluk hidup. (R10/HR-Online)