Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Tumbuhan Menghasilkan Oksigen untuk Bernapas Manusia

Cara Tumbuhan Menghasilkan Oksigen untuk Bernapas Manusia

Cara tumbuhan menghasilkan oksigen sangat bermanfaat untuk makhluk hidup lain di Bumi ini, termasuk manusia. Bagaimanapun juga, makhluk hidup di Bumi bernafas dengan oksigen.

Dengan adanya oksigen, maka makhluk hidup bisa bernafas dan bertahan hidup. Tumbuhan merupakan salah satu dari makhluk hidup yang justru menghasilkan oksigen.

Bahkan tumbuhan menjadi salah satu penghasil oksigen terbesar di Bumi ini. Bagaimana proses mereka menghasilkan oksigen?

Baca Juga: Contoh Tumbuhan Higrofit, Bagaimana Ciri-Ciri Mereka?

Melihat 2 Cara Tumbuhan Menghasilkan Oksigen

Bumi sejauh ini merupakan planet satu-satunya yang memiliki kehidupan. Alasan kenapa Bumi dapat memiliki kehidupan adalah karena keberadaan air dan oksigen.

Oksigen merupakan gas yang esensial untuk makhluk hidup, termasuk manusia. Sebagian besar makhluk hidup di Bumi membutuhkan oksigen untuk bernapas.

Gas oksigen yang esensial tersebut tentu tidak hadir dengan sendirinya. Diketahui salah satu penghasil oksigen terbesar di Bumi adalah tumbuhan.

Bagaimana mereka menghasilkan gas yang sangat bermanfaat ini? Beriku penjelasannya!

Baca Juga: Siklus Karbon pada Tumbuhan, Apa Itu Fotosintesis dan Respirasi?

Melalui Proses Fotosintesis

Cara pertama adalah dengan melakukan fotosintesis. Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan.

Setiap fotosintesis akan membutuhkan sinar matahari, karbon dioksida (CO2), dan juga air (H2O) untuk bisa membentuk gula dan oksigen.

Tumbuhan sangat tergantung pada air dan cahaya matahari untuk dapat menghasilkan oksigen. Proses fotosintesis yang akan menghasilkan oksigen terjadi di dalam membran tilakoid.

Melansir dari Sciencing, membran tilakoid adalah sebuah membran yang ada di dalam kloroplas dan menjadi tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

Baca Juga: Manfaat Fotosintesis Bagi Tumbuhan serta Proses Berlangsungnya

Melalui Oksidasi Air atau H2O

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, selain melalui fotosintesis, cara tumbuhan menghasilkan oksigen adalah melalui oksidasi air atau H2O. Tumbuhan akan menyerap air yang ada di lingkungannya untuk kemudian dioksidasi menjadi oksigen.

Seorang ahli biologi asal Belanda bernama Cornelis van Niels merupakan orang pertama yang mencetuskan hal ini. Ia juga mendapat dukungan dari ilmuwan lainnya.

Untuk membuktikan teori ini, maka ilmuwan menggunakan isotop oksigen18O ke dalam air dan memperhatikan hasil fotosintesis tumbuhan.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa air yang mengandung isotop oksigen (H218O) akan menghasilkan isotop oksigen (18O) melalui proses fotosintesis.

Percobaan tersebut menjadi bukti bahwa oksigen berasal dari air yang melalui proses fotosintesis.

Melansir dari National Geographic, dalam membran tilakoid air (H20) akan teroksidasi hingga kehilangan elektron di dalamnya. Hal tersebut kemudian akan menyebabkan air (H2O) melepas ion hidrogen, sehingga membentuk oksigen (O2).

Oksigen yang terbentuk kemudian tumbuhan lepaskan ke udara melalui stomata daun. Para ilmuwan memperkirakan bahwa satu helai daun dapat menghasilkan sekitar lima milimeter oksigen setiap jam.

Bagaimana, cara tumbuhan menghasilkan oksigen sangat menakjubkan bukan? Oksigen yang tumbuhan hasilkan akan membuat udara semakin bersih dan sejuk di lingkungan, sehingga kamu harus merawatnya dengan baik. (R10/HR-Online)