Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Tune Up Motor Matic Injeksi Agar Kembali Seperti Semula

Cara Tune Up Motor Matic Injeksi Agar Kembali Seperti Semula

Cara tune up motor matic injeksi merupakan salah satu tindakan yang bisa untuk menjaga performa kendaraan supaya tetap maksimal terus.

Jadi selain servis berkala, maka sebagai pemilik motor Anda juga jangan sampai melewatkan tune up ini.

Kemungkinan istilah tune up sepeda motor ini juga masih cukup asing di telinga beberapa pemilik kendaraan bermotor, termasuk Anda.

Kemungkinan besar Anda juga hanya tahu bahwa tune up yaitu sekedar penyetelan mesin motor saja, padahal tidak. Lantas apa sebenarnya tune up itu?

Baca Juga: Perawatan Motor Matik Saat Musim Hujan

Cara Tune Up Motor Matic Injeksi yang Mudah untuk Anda Perhatikan

Saat ini hampir semua orang pastinya memiliki kendaraan sepeda motor, karena keberadaannya sangat penting. Jadi tak heran jika hal tersebut menjadi bukti bahwa motor merupakan kendaraan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka, maka jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan, misalnya seperti tune up.

Tentu saat memiliki kendaraan maka Anda menginginkan agar kendaraan itu tetap nyaman dan awet bukan?

Maka dari itu, melakukan perawatan motor merupakan hal yang penting untuk selalu Anda perhatikan setiap saat. Nah, hal seperti ini bertujuan supaya kendaraan kesayangan Anda tetap aman dan nyaman untuk Anda gunakan.

Meski demikian, memiliki motor tidak hanya bisa menjamin seseorang memahami mengenai sejumlah perawatannya. Misalnya seperti tune up motor, sebab masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya tentang hal itu.

Baca Juga: Ciri-ciri Radiator Motor Rusak, Efek Buruk dan Cara Perawatannya

Apa Itu Tune Up?

Sebelum membahas lebih lanjut ke cara tune up motor matic injeksi, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian dari tune up itu sendiri.

Jadi, tune up motor ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor, tak terkecuali matic injeksi ini.

Tune up merupakan proses untuk mengembalikan performa kendaraan bermotor menjadi ke performa standar. Biasanya tune up ini begitu penting sebab penggunaan yang setiap hari digunakan bisa mengakibatkan banyak perubahan.

Penting Anda ketahui lagi bahwa setiap kali mesin bekerja, maka akan terjadi perubahan-perubahan minor pada bagian komponen mesin.

Sehingga perubahan seperti itulah yang akan menyebabkan mesin harus distandarkan ke kondisi semula agar mesin tetap terjaga.

Sementara itu, dalam melakukan tune up sepeda motor setidaknya ada 3 hal penting yang harus Anda perhatikan. Di antaranya seperti sektor mesin, chasis, hingga sektor transmisi.

Mengecek Karburator

Cara tune up motor matic injeksi sebagai langkah awalnya adalah dengan mengecek karburator, sebab berhubungan langsung dengan aliran bahan bakar.

Dari sini Anda harus membersihkan bagian selang karburatornya supaya dapat mengalirkan bahan bakarnya.

Begitu pula pada bagian filter udara karburator yang tak kalah penting untuk selalu kita jaga akan kebersihannya. Pasalnya saat melakukan tune up pada bagian filter udara ini penting untuk Anda bersihkan.

Apalagi jika akan membersihkan baut, maka Anda harus segera mencucinya dengan minyak solar atau pembersih lain agar kembali bersih lagi.

Sementara itu, sebelum Anda menggunakannya maka sudah harus Anda bersihkan minyaknya agar bisa langsung digunakan.

Biasanya busi juga seringkali menyebabkan motor tidak mau menyala atau bahkan mati karena businya sudah rusak parah.

Dari sini Anda bisa langsung membukanya dengan kunci busi, kemudian membersihkan bagian luar menggunakan bensin lalu cek bagaimana kondisinya.

Baca Juga: Cara Kerja Rem Tromol Sepeda Motor dan Tips Perawatannya

Proses Tune Up

Cara tune up motor matic injeksi akan ada beberapa bagian komponen sepeda motor yang perlu Anda periksa atau ganti. Hal ini juga tergantung dari bagaimana Anda memperlakukan kendaraan itu dalam keseharian.

Ketika melakukan tune up maka akan ada beberapa mesin untuk Anda periksa, yaitu pelumas mesin atau oli. Tidak hanya itu saja, melainkan melakukan pemeriksaan filter udara juga tak kalah penting.

Kemudian pada bagian chasis, ada beberapa bagian yang perlu Anda cek seperti kemudi motor. Dalam sektor chasis ini maka beberapa komponen yang harus Anda cek itu antara lain seperti komstir, apakah kondisinya oblak atau tidak.

Selanjutnya tune up yang terakhir ini adalah pada bagian kelistrikan yang tidak kalah penting. Seperti tegangan pengisian motor, tegangan aki, hingga rangkaian pengapian motor juga harus Anda periksa.

Tune up sepeda motor memang harus Anda perhatikan benar-benar kapan waktunya. Guna menghindari kerusakan, maka gunakan kendaraan dengan baik dalam sehari-harinya.

Cara tune up motor matic injeksi sebenarnya mudah bagi orang yang handal, namun jika Anda tak bisa maka bawa saja ke tukang bengkel terdekat. (R10/HR-Online)