Senin, Oktober 3, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Gerak Fototropisme yang Ada pada Tumbuhan

Contoh Gerak Fototropisme yang Ada pada Tumbuhan

Contoh gerak fototropisme yang terjadi pada tumbuhan sepertinya masih jarang orang ketahui. Sebab, masih banyak orang yang berpikir bahwa tumbuhan itu tidak bergerak.

Padahal, hal itu salah besar. Nyatanya, tidak hanya manusia dan hewan yang dapat bergerak. Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga dapat mengalami gerakan.

Hanya saja, gerak tumbuhan terlihat lebih pasif. Gerak pada tumbuhan juga bermacam-macam, yang akan kita bahas kali ini adalah gerak fototropisme.

Baca Juga: Gerak Jatuh Bebas: Inilah Definisi, Ciri-Ciri, dan Juga Rumus Hitungnya!

Mengenal Apa Saja Macam dan Contoh Gerak Fototropisme

Makhluk hidup yang menjadi penghuni di Bumi ini salah satunya adalah tumbuhan. Berbeda dengan hewan dan manusia, tumbuhan memang terlihat lebih pasif.

Tumbuhan memang jarang terlihat melakukan gerakan besar. Namun, bukan berarti tumbuhan tidak bergerak sama sekali

Karena pada kenyataannya tumbuhan akan mengalami pergerakan. Umumnya tumbuhan dapat bergerak karena adanya rangsangan dari luar.

Contohnya seperti ketika kamu menyentuh tanaman putri malu, maka daunnya akan bergerak tertutup.

Gerak pada tumbuhan juga cukup beragam, salah satunya fototropisme yang masuk ke dalam kelompok gerak tropisme. Apa itu gerak tropisme?

Baca Juga: Sistem Gerak Pada Tumbuhan: Endonom, Higroskopis, dan Esionom

Pengertian Gerak Fototropisme

Tropisme merupakan gerak pada tumbuhan yang terjadi oleh arah datangnya rangsang. Jika arah geraknya mendekati rangsang, maka artinya tropisme positif.

Sebaliknya, jika gerakan menjauhi rangsang maka itu merupakan tropisme negatif. Lantas, apa pengertian dari fototropisme?

Fototropisme adalah salah satu jenis gerak tropisme yang terjadi akibat pengaruh dari rangsangan cahaya. Cahaya sendiri memang merupakan salah satu contoh rangsang yang tumbuhan terima.

Gerak fototropisme juga terdiri dari dua jenis, yaitu fototropisme negatif dan juga fototropisme positif. Fototropisme negatif artinya gerak pada tumbuhan tersebut menjauhi sumber rangsang atau arah cahaya.

Sedangkan fototropisme positif artinya gerak tumbuhan akan mendekati arah dan juga rangsang cahaya.

Contoh gerak fototropisme dapat kamu temukan pada bunga matahari. Penamaan bunga ini karena arah tumbuhnya yang mengikuti sinar matahari.

Jadi, dalam sehari bunga matahari dapat menghadap ke arah timur sampai barat. Hal itu karena mereka mengikuti arah matahari terbit dan juga tenggelam.

Bunga Matahari yang melakukan gerakan dengan mengikuti arah datangnya cahaya melalui ujung tangkai mereka.

Gerakan mereka ini juga bermanfaat untuk pertumbuhannya. Dengan bantuan sinar matahari, maka bunga ini dapat tumbuh hingga 150 sampai 365 sentimeter hanya dalam waktu 6 bulan saja.

Baca Juga: Fungsi Endodermis pada Akar Tumbuhan dan Sel Pembentuk Lainnya

Gerak Tropisme Lainnya

Sebenarnya, gerak tropisme sendiri tidak hanya terdiri dari fototropisme saja. Ada berbagai gerak tropisme lainnya, yaitu:

  • Geotropisme, akibat pengaruh gravitasi Bumi.
  • Hidrotropisme, gerak akar akibat sumber air di dalam tanah.
  • Tigmotropisme, akibat adanya rangsangan sentuhan atau singgungan dari luar.
  • Kemotropisme, akibat adanya pengaruh zat kimia di sekitar tumbuhan.

Setelah mengetahui arti dan contoh gerak fototropisme pada tumbuhan, kamu jadi tahu bahwa tumbuhan juga merupakan makhluk hidup yang bergerak. (R10/HR-Online)