Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita PangandaranDari 93.00 Pelaku UMKM di Pangandaran, Hanya 4 Produk yang Masuk Swalayan

Dari 93.00 Pelaku UMKM di Pangandaran, Hanya 4 Produk yang Masuk Swalayan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Meski jumlah pelaku UMKM di Pangandaran, Jabar, cukup banyak sekitar 93.000 pelaku, namun produk UMKM yang bisa masuk swalayan hanya 4 jenis.

Tedi Garnida, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Pangandaran, membenarkan hal itu Rabu (3/8/2022).

Adapun produk tersebut yakni sale pisang merek Sabar, abon jambal roti Bu Euncum, Petis Honje Dapur Bu Yuli dan sambal cumi merk Umi.

“4 produk UMKM itu baru masuk ke Alfamart, belum ke Indomaret,” ujar Tedi.

Baca juga: Internasional Pangandaran Pan Hash Siap Digelar Oktober 2022

Sementara itu, untuk di Indomaret saat ini masih dilakukan seleksi 60 jenis produk UMKM di Pangandaran.

“Kalau Yomart kita sudah melakukan koordinasi, sudah mempersilahkan untuk koordinasi dengan kepala tokonya,” katanya.

Lanjut Tedi, produk yang lulus uji dan sudah bekerja sama dengan Alfamart, pada bulan pertama langsung didistribusikan ke Alfamart yang ada di Pangandaran.

Satu Alfamart di wilayah Pangandaran, diisi 4 produk UMKM. “Kalau produk laku dibayar setelah 14 hari, kalau tidak laku dikembalikan lagi ke pelaku UMKM,” jelas Tedi.

Ia pun berharap, produk UMKM yang saat ini masih diseleksi pihak Indomaret, banyak yang lulus dan bisa menjalin kerjasama.

“Kalau dari pengalaman sebelumnya, banyak produk UMKM di Pangandaran tak masuk Indomaret karena tidak lengkap perizinan dan legalitasnya,” tandasnya. (Ceng2/R8/HR Online/Editor Jujang)