Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Ruang Kerja Kantor yang Ergonomis, Ini Cara Penataannya!

Desain Ruang Kerja Kantor yang Ergonomis, Ini Cara Penataannya!

Desain ruang kerja kantor yang ergonomis memang menjadi pilihan yang tepat. Sebab ruang kerja kantor yang menarik dan ergonomis pasti nyaman kita gunakan. Tidak hanya itu saja, kegiatan selama bekerja di kantor juga akan terasa lebih tenang berkat desain ruang dan suasana yang seimbang.

Pasalnya seorang pegawai kantor yang merasa nyaman, maka mereka akan lebih produktif. Salah satu faktor utama yang mendukung hal ini adalah pemilihan partisi kantor.

Selain itu, penataan seperti meja dan aksesori atau dekorasi lain juga menjadi faktor penting demi kenyamanan seseorang. Maka dari itu mau tidak mau, Anda sebagai pegawai kantor juga harus bisa mengatur ruangan tersebut agar menjadi lebih nyaman.

Dari sini Anda harus tahu, bahwa cara menata ruangan kantor yang benar juga bisa menciptakan suasana yang senyaman mungkin. Maka penting sekali Anda untuk mendesain ruangan agar tercipta desain yang terbaik.

Baca Juga: Desain Ruang Kerja Direktur Ciptakan Tempat Nyaman dan Inspiratif

Desain Ruang Kerja Kantor yang Ergonomis dan Nyaman

Kantor sendiri merupakan lingkungan yang pastinya akan ada banyak kegiatan sehingga tak luput dari sebuah permasalahan. Biasanya masalah yang sering terjadi di tempat kerja ini adalah rasa stres saat bekerja.

Nah, salah satu penyebab mengapa stress bisa terjadi adalah karena kondisi lingkungan terutama ruang kerja yang tidak kondusif. Bahkan tingkat kenyamanan yang kurang bahkan tidak ada maka akan mempengaruhi kinerja pada karyawan atau pegawainya.

Sehingga supaya bisa bekerja dengan semangat, maka seseorang membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman dan menarik. Terlebih di zaman yang serba modern seperti sekarang ini sudah ada banyak perusahaan yang melakukan inovasi untuk mempertahankan perusahaan tersebut.

Supaya para pegawai tetap nyaman, maka menciptakan desain ruang kerja kantor yang ergonomis adalah pilihan yang tepat.

Apabila ruangan tersebut memadai, maka proses kinerja dalam kantor pun akan terasa lebih mudah dan terhindar dari rasa stres berlebih.

Konsep minimalis juga menjadi pilihan bagi banyak orang karena bisa memaksimalkan budget yang ada dalam pembangunan kantor tersebut. Nah, dengan penataan yang benar maka suasana ruangan kerja kantor akan terasa lebih tenang dan damai.

Baca Juga: Desain Ruang Kerja Sempit Tampak Lebih Lega, Begini Tipsnya

Memaksimalkan Sumber Pencahayaan

Pencahayaan dalam sebuah ruangan adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan secara cermat. Idealnya bahwa cahaya dalam ruangan kantor akan berguna sebagai tempat untuk bekerja dan pas di mata.

Jika ruangan tersebut berdekatan dengan sumber pencahayaan matahari, maka Anda harus bisa mengatur supaya cahayanya tidak membuat mata silau.

Begitu juga sebaliknya, jika jauh dari sumber pencahayaan, maka bisa menggunakan lampu dengan jumlah watt yang sesuai kebutuhan.

Hal ini harus Anda cermati dengan sebaik mungkin sebab sangat berhubungan erat dengan tingkat kenyamanan selama bekerja.

Bisa kita bayangkan sendiri bagaimana jika Anda bekerja mendapat keluhan sakit mata, hanya karena pencahayaan yang kurang seimbang.

Tentunya hal seperti ini bisa membuat perusahaan itu menjadi rugi, sebab dampaknya kinerja pegawai yang tidak maksimal. Maka dari itu, sebaiknya maksimalkan pencahayaan sebaik mungkin.

Memperhatikan Bagaimana Tata Letak Ruang Kerja

Desain ruang kerja kantor yang ergonomis juga tidak akan pernah luput dari yang namanya tata letak. Bahkan cara menata tata letak desain kantor seperti ini merupakan hal yang tergolong mudah, karena minimalis.

Jadi hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan storage yang lebih berdekatan dengan area meja. Selanjutnya ruang kantor minimalis dan ergonomis seperti ini bisa Anda wujudkan dengan cara yang benar.

Salah satu caranya adalah dengan menciptakan kantor agar bisa terlihat lebih rapi dan tata letak yang benar.

Untuk kantor dengan konsep open space, maka Anda bisa mencoba untuk bereksperimen dengan tekstur mentah dan gaya industrial.

Bahkan desain seperti ini juga akan memudahkan dalam melakukan controlling seorang supervisor terhadap pegawai atau karyawannya.

Sehingga akan membuat semua pegawai menjadi lebih produktif lagi dan lebih bersemangat untuk menjalankan tugas harian mereka.

Baca Juga: Desain Ruang Kerja di Rumah Anti Bosan dan Lebih Nyaman

Lengkapi dengan Dekorasi

Desain ruang kerja kantor yang ergonomis juga bisa Anda ciptakan dengan melengkapinya menggunakan dekorasi terbaik. Hal ini bertujuan supaya bisa menciptakan ruangan kantor kerja terasa lebih harmoni dan indah.

Tidak selamanya harus kosong maupun berwarna putih, sebab Anda bisa menerapkan konsep natural dengan bahan dari kayu. Bahkan menggunakan ruang dinding untuk storage adalah ide yang menarik untuk Anda coba.

Selain itu, bisa juga memilih meja kerja yang atraktif misalnya seperti desain futuristik dan terintegrasi dengan teknologi canggih. Keberadaan furniture penunjang seperti ini maka mampu untuk menciptakan ruang kerja kantor menjadi lebih estetik.

Selanjutnya bisa juga menambah sejumlah dekorasi lain, seperti vas bunga dan foto di atas meja untuk menambah kesan lebih cantik. Tambahkan pula beberapa foto ilustrasi lain di tembok supaya suasana ruangan semakin lebih keren.

Tidak hanya itu saja, melainkan Anda juga bisa memilih warna antara tembok dan furniture yang senada. Nah, dengan demikian ruang kerja kantor akan terasa lebih luas dan bekerja pun akan menjadi lebih tenang. Adanya penataan desain ruang kerja kantor yang ergonomis dan minimalis seperti ini, maka akan membuat kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. (R10/HR-Online)