Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Rumah Kolonial Minimalis Ala Belanda yang Elegan

Desain Rumah Kolonial Minimalis Ala Belanda yang Elegan

Desain rumah kolonial minimalis bisa jadi inspirasi bagi Anda yang ingin membangun ataupun merenovasi hunian.

Konsep rumah ini bergaya Belanda dengan keunikan dan kekhasan tersendiri. Untuk mewujudkannya pun terbilang mudah asalkan tahu apa saja ide kreatifnya.

Baca Juga: Desain Rumah Open Space, Tempat Tinggal Lebih Luas dan Sehat

Ide Desain Rumah Kolonial Minimalis

Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah kolonial bergaya Belanda, maka bisa cermati ide di bawah ini.

Tambahkan Pilar

Tentu bukan rahasia lagi apabila rumah Belanda identik dengan pilar. Maka dari itu, Anda bisa menambahkan pilar berukuran besar.

Pilar ini bisa diterapkan di interior maupun eksterior rumah. Dengan menambahkan pilar, maka kesan megah juga akan terlihat pada desain rumah kolonial minimalis Anda.

Penggunaan Aksesoris dan Furniture 

Tak hanya menambahkan pilar megah, Anda juga perlu perhatikan penggunaan aksesoris di dalam rumah. Interior tempat tinggal Anda bisa dilengkapi dengan furniture klasik yang memiliki ukiran menarik.

Perhatikan pula wallpaper dan gantungan lampu yang akan Anda pakai. Supaya lebih kental gaya Belanda pada rumah Anda, maka bisa hadirkan desain tangga yang bagian bawahnya berbentuk lemari.

Jangan lupa pula untuk menyematkan banyak jendela. Pasalnya, hal tersebut jadi salah satu ciri khas bangunan Belanda.

Bukan hanya itu saja, penggunaan jendela juga memungkinkan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik.

Halaman Luas

Saat membangun rumah kolonial ala Belanda, sisi eksteriornya juga tak kalah penting Anda perhatikan.

Pastikan Anda memiliki halaman yang luas. Lengkapi pula desain rumah kolonial minimalis dengan pepohonan hijau agar suasana terasa sejuk dan asri.

Penambahan Portico

Apa itu portico? Dalam bangunan kolonial, portico ini berfungsi sebagai pengganti teras. Mengenai posisinya, portico terletak di pintu masuk rumah.

Saat menghadirkannya, Anda bisa tambahkan batu alam. Alternatif lainnya, bisa gunakan batu bara.

Dengan menerapkan ide ini, maka hunian Anda akan terlihat klasik tetapi modern.

Baca Juga: Desain Rumah Batu Bata tanpa Plester, Hunian Gaya Etnik yang Menarik

Elemen Kayu

Kesan kolonial bisa terasa apabila Anda menambahkan unsur kayu pada bagian tertentu. Misalnya saja atap, tembok, ataupun lantai.

Perlu untuk Anda pahami bahwa rumah kolonial yang menerapkan elemen kayu bisa menampilkan kesan hangat. Siapa saja pasti tertarik dengan desain hunian yang Anda ciptakan.

Desain Kanopi

Apabila Anda tertarik untuk menambahkan kanopi, maka bisa aplikasikan desain melengkung ke bawah.

Untuk semakin mendukung desain rumah kolonial minimalis, maka bisa padukan dengan eksterior berwarna dasar putih yang dominan.

Buat pula taman dengan sisi jalannya bisa diberi keramik berwarna merah, putih, dan krem. Dari luar, rumah Anda akan terlihat bergaya kolonial yang indah sehingga memanjakan mata.

Pemilihan Skema Warna

Skema warna yang Anda gunakan juga harus tepat pemilihannya. Jangan sampai keinginan Anda untuk miliki hunian kolonial gagal karena salah memilih warna.

Rumah bergaya kolonial itu sendiri identik dengan warna krem, kuning cerah, biru klasik, putih, dan merah tua. Desain rumah kolonial minimalis ini menarik dan mudah Anda aplikasikan.

Atap Cenderung Tinggi

Perhatikan bagian atap saat ingin membangun hunian kolonial ala Belanda. Dalam hal ini, Anda bisa membangun rumah dengan atap yang cenderung tinggi.

Desain atap tinggi ini juga bisa Anda padukan dengan jendela berukuran besar. Anda pun bisa menampilkan desain rumah kolonial minimalis bukan hanya dari interior saja, melainkan juga sisi luar.

Baca Juga: Desain Rumah Hook Sederhana Hadir dengan Berbagai Kelebihan

Tanpa Pagar

Desain rumah kolonial bisa Anda perlihatkan dengan membangun hunian tanpa pagar.

Ide desain rumah kolonial minimalis satu ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki lingkungan aman. Akan tetapi, hal tersebut bukan suatu keharusan.

Apabila Anda kurang yakin dengan segi keamanan di lingkungan sekitar, maka bisa desain rumah lengkap dengan pagar. Pastikan pula Anda mendesainnya semenarik mungkin sesuai konsep yang diusung dalam membangun rumah.

Hal ini perlu Anda lakukan supaya tak merusak kesan kolonial Belanda yang tersemat pada rumah.

Anda tertarik dengan desain rumah kolonial minimalis? Anda bisa terapkan beberapa ide di atas untuk mewujudkannya. Soal biaya, tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Namun apabila Anda memperhitungkan mengenai penggunaannya untuk jangka panjang, maka bisa terbilang hemat budget. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menerapkannya. (R10/HR-Online)