Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Rumah Limasan Modern yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Desain Rumah Limasan Modern yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Desain rumah limasan modern memang terkesan cukup unik, bahkan mampu membuat suasana menjadi lebih keren bagi para penghuninya.

Sementara itu, salah satu ciri khas pada jenis rumah limasan seperti ini adalah pada bagian atapnya yang berbentuk ruang limas.

Sementata itu, pada bagian desain ruangannya biasanya didesain open space dengan bagian tembok dari kayu.

Meski demikian, siapa sangka ternyata modifikasi rumah limasan khas Jawa ini semakin marak dan mulai berkembang hingga menjadi trend tersendiri.

Baca Juga: Desain Rumah Kolonial Minimalis Ala Belanda yang Elegan

Desain Rumah Limasan Modern yang Tidak Kalah Keren dari Model Lain

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Jawa sendiri memang memiliki beberapa jenis rumah adat dengan karakteristiknya tersendiri. Salah satu rumah tradisional Jawa yang paling terkenal dan populer adalah rumah Limasan.

Karena jenis rumah tradisional namun modern seperti ini ternyata memiliki banyak kelebihan, seperti mampu meredam gempa.

Meskipun Limasan ini termasuk sebagai rumah tradisional, tetapi ternyata sudah ada banyak orang yang tertarik dengan rumah tersebut.

Nah, konsep rumah limasan ini merupakan hasil persilangan antara hunian tradisional Jawa dengan konsep modern. Walaupun terkesan tradisional tetapi tampak depan rumah seperti ini sudah menggunakan tembok yang berasal dari semen.

Sehingga dengan demikian mampu membuat jenis rumah seperti ini terlihat jauh lebih menarik dan mewah secara segi tampilan.

Tentunya desain tersebut juga mampu menambahkan kesan yang kokoh dan unik daripada rumah-rumah lainnya.

Baca Juga: Desain Rumah Bambu Sederhana yang Unik dan Artistik di Pedesaan

Limasan Trajumas Lawakan

Desain rumah Limasan modern yang pertama ini adalah Limasan Trajumas Lawakan dan bisa menjadi pilihan terbaik semua orang. Pasalnya rumah Trajumas ini memiliki modifikasi dan mengalami pengembangan untuk menjadi model Trajumas Lawakan.

Jadi Rumah Trajumas Lawakan ini sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan dengan Limasan Trajumas itu. Salah satu perbedaan yang cukup terlihat itu adalah adanya tambahan bale-bale pada sekeliling bangunan rumah itu.

Jadi bale-bale alias emper itu dibuat dengan sudut kemiringan yang berbeda jika dibandingkan dengan atap utama bangunannya.

Sementara itu, pada model Limasan ini juga ada empat sisi dan setiap sisinya bersusun dua, lalu terhubung dengan bubungan.

Untuk penyangganya sendiri adalah berupa tiang dengan jumlah sebanyak 20 tiang. Ini adalah berguna sebagai struktur utama dari bangunan rumah limasan tersebut.

Limasan Semar Tinandhu

Desain rumah Limasan modern selanjutnya adalah Limasan Semar Tinandhu yang merupakan salah satu jenis rumah menarik.

Nah, jenis rumah Limasan seperti ini memiliki atap brunjung alias yang ditopang dengan menggunakan empat buah tiang.

Menggunakan balok alias blandar pada bagian tengah sehingga membuat atap brunjung akan bertumpu pada tiang utamanya.

Bangunan limasan seperti ini juga menggunakan 16 tiang saka kemudian 3 tiang saka pembantu dan 4 tiang saka utama bagian tengah.

Selanjutnya untuk tampilan atap pada rumah limasan Semar Tinandhu ini juga tidak terlalu berbeda dengan bangunan yang lain.

Sebab atap memiliki empat sisi atap dengan 4 buah emper yang berada pada sekeliling bangunan lalu 1 buah wuwungan.

Biasanya akan menggunakan jenis kayu Jawa yang kuat seperti pohon jati, mahoni, sonokeling, maupun nangka. Sehingga mampu membuatnya terkesan lebih unggul dan kuat.

Baca Juga: Desain Rumah di Tanah Bertingkat Justru Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Limasan Gajah Ngombe

Desain rumah limasan modern yang satu ini memiliki tambahan yang berfungsi sebagai emper. Saat melihat denah rumah Gajah Ngombe ini, maka akan ada bagian emper tambahan pada sisi terpendek.

Hal ini adalah untuk menyesuaikan dengan bentuk tampilan umum bangunan tersebut. Selanjutnya Rumah Gajah Ngombe itu juga menggunakan tiang saka yang jumlahnya lebih dari 6 buah.

Biasanya penggunaan tiang saka itu juga sesuai dengan ukuran ruangan tersebut. Bahkan Limasan Gajah Ngombe ini lengkap dengan wuwung, empat buah dudur, dan empat sisi atap.

Ada emper baru pada satu sisi atap yang berbentuk secara berundak dan berguna karena adanya kemiringan berbeda dengan atap utama.

Sebagai informasi bahwa Limasan sendiri adalah jenis arsitektur Jawa yang sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Hal itu terbukti dengan adanya sebuah gambar relief yang mengisahkan tentang Limasan.

Meski demikian, rumah tradisional ini juga tidak dibangun secara asal-asalan. Karena ada banyak makna dan filosofi dari pembangunan jenis rumah tersebut.

Dengan mengetahui beberapa desain rumah limasan modern dan unik itu, mungkin Anda berkeinginan untuk memilikinya. (R10/HR-Online)