Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita CiamisDies Natalis ke 15, FIKes Unigal Gelar Serangkaian Kegiatan PENGMAS

Dies Natalis ke 15, FIKes Unigal Gelar Serangkaian Kegiatan PENGMAS

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh / FIKes Unigal merayakan peringatan Dies Natalis ke 15, Senin-Selasa (15-16/08/2022).

Pada peringatan kali ini, civitas akademika FIKes Unigal melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PENGMAS).

Dekan FIKes Unigal, Tita Rohita, S.Kep., Ners., MM., M.Kep., membenarkan kegiatan yang berlangsung dalam rangka Dies Natalis FIKes Unigal ke 15 tersebut. 

Tita menyebutkan, pada momen ini, FIKes Unigal bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. 

Menurut Tita, sedikitnya ada 6 kegiatan PENGMAS yang FIKes Unigal laksanakan pada momentum peringatan Dies Natalis tahun ini.

Antaralain, kata Tita, yakni Pelatihan Kader Satu Ibu Satu Kader (Sabu Saka), Penyuluhan Gizi Bayi Balita, Lomba Balita Sehat.

Lomba Kreasi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI), Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

Kemudian kegiatan santunan yang tergabung dalam kegiatan Sagu Hati dan Khitanan Massal Anak dengan jumlah peserta 20 orang.

Selain perlombaan, Tita mengungkapkan, FIKes Unigal juga menyelenggarakan Senam PROLANIS (Hipertensi dan DM) dengan jumlah peserta 40 orang.

Sebelum itu, lanjut Tita, FIKes Unigal juga melakukan sosialisasi tentang penerapan pola hidup sehat sehari-hari kepada masyarakat.  

“Kepada kader, kami juga memberikan pelatihan tentang Skrining Stunting pada Balita,” katanya.

Peringatan anniversary tahun ini, menurut Tita, menjadi momentum kegiatan gebyar PENGMAS Dosen dan Mahasiswa FIKes Unigal. 

Tita menambahkan, kegiatan PENGMAS ini merupakan upaya intervensi gizi spesifik yang fokus pada salah satu kelompok 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu anak usia 0-23 bulan.

Dari pantauan HarapanRakyat.com, para peserta antusias mengikuti kegiatan PENGMAS dalam rangka peringatan Dies Natalis FIKes Unigal ke 15 tahun 2022.

Acara berakhir dengan penyerahan tropi hadiah juara lomba Kreasi MP-ASI dan Lomba Balita Sehat serta pembagian sertifikat. 

Untuk juara Kreasi MP-ASI terbaik yakni Tim PKK Sukamulya, sementara untuk Juara Lomba Balita Sehat yakni Muhammad Rasyid Ridho. (Deni/R4/HR-Online)