Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruDoa Dzun Nuun yang Mudah Dihafalkan dengan Keutamaan yang Dahsyat

Doa Dzun Nuun yang Mudah Dihafalkan dengan Keutamaan yang Dahsyat

Doa dzun Nuun? Perihal doa mungkin bukan suatu hal yang asing. Akan tetapi, mengenai doa yang satu ini mungkin masih terdengar asing.

Doa apakah itu? Apakah keadaan tersebut juga menjadi salah satu bacaan doa yang direkomendasikan atau dianjurkan?

Ternyata masih sedikit umat muslim yang mengetahui mengenai doa tersebut. Padahal doa tersebut juga mempunyai keutamaan yang dahsyat.

Ketahuilah bahwa doa tersebut dibaca oleh salah satu nabi Allah. Kira-kira nabi siapa? Apakah kisah Nabi tersebut juga menjadi teladan dalam kehidupan saat ini?

Ternyata Dzun Nuun itu merupakan doa Nabi Yunus. Sehingga doa tersebut, merupakan doa yang Nabi Yunus baca. Kapan Nabi Yunus bacaannya?

Nah, mengenai kapan waktu ia membacanya mungkin masih menjadi pertanyaan bukan? Terlebih bagi Anda yang tidak mengetahui bagaimana kisah nabi Yunus ketika menyebarkan agama Islam.

Nabi Yunus merupakan salah satu nabi yang termasuk dalam 25 nabi dan rasul Allah. Ia juga mempunyai tugas untuk mendakwahkan agama Islam kepada para pengikutnya.

Sedangkan kisah terkenal dari Nabi Yunus itu sendiri adalah seorang nabi yang ditelan oleh ikan. Jadi bagaimana, sudahkah terdapat gambaran mengenai kisah Nabi Yunus?

Baca juga: Perbedaan Doa Qunut Imam dan Makmum dalam Agama Islam

Doa Dzun Nuun Nabi Allah

Nabi Yunus merupakan salah satu utusan Allah untuk menyebarkan agama Islam. Dalam menyebarkan agama Islam itu sendiri tidak dengan mudah bisa ia lakukan.

Terdapat banyak tantangan yang harus ia hadapi. Pertama ia harus menghadapi keras kepala kaumnya yang menyembah berhala.

Mereka itu masih tidak percaya dengan adanya Allah yang selama ini telah memberikan kehidupan.

Namun, bukan hanya itu saja yang menjadi tantangan Nabi Yunus untuk mendakwahkan agama Islam. Sejarah Nabi Yunus tersebut juga tidak terhindar dari adanya doa Dzun Nuun.

Bukan tidak mungkin jika ia tidak membaca doa tersebut, umat muslim tidak mengetahui bagaimana kisah sebenarnya dari nabi Allah yang harus berjuang melawan umatnya.

Selain itu umatnya juga tidak mau mengikuti ajaran darinya. Ia juga harus mendapatkan cobaan dimakan ikan beberapa hari.

Apakah saat dimakan ikan tersebut Nabi Yunus masih bisa bertahan hidup? Itulah keajaiban yang Nabi Yunus miliki.

Meskipun beberapa hari di dalam perut ikan, tetapi saat Nabi Yunus keluar dari perut ikan tersebut ia masih mendapat kesempatan untuk hidup.

Baca juga: Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat Manfaatkan dan Jangan Lewatkan

Lafadz Doanya

Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana bacaan doa Dzun Nuun tersebut. Apakah Anda juga merupakan salah satunya?

Sebenarnya mengenai doa yang satu ini juga sangat pendek dan mudah untuk dihafalkan. Dengan begitu ,selain bisa menghafalkan untuk diri sendiri, kita juga bisa mengamalkan doa tersebut untuk mengajarkan kepada anak-anak kecil.

Sebab dengan mereka lebih mengetahui tentang pentingnya menuntut ilmu dalam Islam, juga akan lebih baik untuk masa depan mereka.

Begitulah lafal doa yang Nabi Yunus ucapkan saat ia berada di dalam perut ikan.

Bagaimana artinya? Untuk artinya sendiri adalah “Tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah kecuali Allah. Maha suci Allah sungguh aku merupakan golongan dari orang-orang yang berbuat aniaya.”

Ketahuilah bahwa doa tersebut juga sudah terdapat dalam Al Quran. Lebih tepatnya Al Quran Surat Al Anbiya ayat 87.

Karena lafadz doa dari Nabi Yunus juga sangat pendek dan mudah. Tidak ada salahnya jika kita menghafalkan lafadz Arabnya beserta artinya.

Karena memang keduanya juga mudah untuk diingat. Apalagi membaca doa tersebut juga terdapat keutamaan tersendiri.

Baca juga: Doa Melihat Petir yang Mudah untuk Dihafalkan dan Amalkan

Keutamaan Doa Nabi Yunus As

Keutamaan membaca doa Dzun Nuun tersebut adalah jika kita mempunyai keinginan maka Allah akan mengabulkan.

Sebagaimana dalam hadits riwayat Tirmidzi menjelaskan bahwa sungguh tidaklah bagi seorang muslim itu berdoa ketika ia dalam suatu masalah, maka Allah akan mengabulkan doa tersebut untuknya.

Saat Nabi Yunus berdoa, ia sedang berada di dalam perut ikan dan berharap dengan berdoa tersebut Allah bisa segera mengeluarkannya.

Ternyata benar, Nabi Yunus bisa keluar dari perut ikan. Kemudian keutamaan yang kedua adalah Allah akan mengampuni karena memang doa tersebut berisi permintaan maaf terhadap dosa-dosa Nabi Yunus yang sudah a perbuat.

Ketika membaca doa tersebut kita juga tidak boleh sembarangan, melainkan harus tetap bersungguh-sungguh agar Allah menerima taubat kita. Tidak hanya itu saja keutamaan doa Dzun Nuun. Kita juga akan mendapatkan pahala sebagai orang yang mati syahid. (Muhafid/R6/HR-Online)