Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita JabarDongkrak Wisata, Pemprov Gaungkan Kuliner Khas Jabar Selatan

Dongkrak Wisata, Pemprov Gaungkan Kuliner Khas Jabar Selatan

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Kuliner yang khas menjadi salah satu sektor dalam mendongkrak pariwisata. Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata berkomitmen untuk menggaungkan kuliner khas Jabar Selatan.

Hal tersebut bertujuan untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata Jabar Selatan. Salah satu contohnya, Kabupaten Pangandaran memiliki kuliner yang khas yakni Pindang Gunung.

“Kuliner ini merupakan kekhasan lokal. Destinasi wisata perlu memiliki sesuatu yang beda atau unik. Sehingga setiap destinasi wisata perlu memiliki kekhasan,” ujar Kadisbudpora Jabar Benny Bachtiar, Selasa (30/8/2022).

Benny mencontohkan ketika berwisata ke Pangandaran lalu ke Madasari. Meski sama-sama pantai namun ada kekhasan tersendiri. Tak hanya Pangandaran wilayah Jabar Selatan lainnya pun harus memiliki kuliner yang khas.

Baca Juga: Nikmati Kuliner Pangandaran di Pasanggrahan Cafe dan Resto

“Ini sedang kita buatkan. Untuk itu setiap kabupaten harus memiliki ciri khas salah satunya kuliner,” ungkapnya.

Sementara itu Tatik Ika Mustika, Kabid Industri, Investasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbud Pangandaran,emyebut kuliner dapat mengairahkan sektor wisata. Khususnya untuk Pangandaran, pindang gunung menjadi salah satu kuliner andalan.

“Kuliner mampu mengangkat pariwisata. Wisatawan berkunjung ke Pangandaran salah satunya untuk merasakan kuliner khas Pangandaran,” jelasnya.

Sebelumnya, sebagai upaya mendongkrak pariwisata Pangandaran, Pemprov Jabar menggelar Festival Pindang Gunung dalam rangkaian even Cycling re Jabar 2022. Kegiatan tersebut digelar di Alun-alun Paamprokan, Pangandaran. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menggaungkan kuliner khas Jabar Selatan.

Pindang Gunung adalah sup ikan yang memiliki kuah kuning terbuat dari rempah yang melimpah. Perpaduan cabai rawit dan honje menjadikan pindang gunung sebagai kuliner yang lezat. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

Diskominfo Kota Banjar