Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruEfek Motor Tanpa Aki yang Bisa Berdampak Buruk pada Kendaraan

Efek Motor Tanpa Aki yang Bisa Berdampak Buruk pada Kendaraan

Efek motor tanpa aki memang cukup berbahaya sehingga perlu Anda ketahui. Mengingat bahwa peran aki sendiri memiliki peran yang sangat penting pada motor. Oleh karena itu, bisa kita bayangkan bagaimana jika komponen motor tersebut tidak ada.

Walaupun memang sebenarnya jika motor tanpa memiliki aki masih tetap bisa menyala, ternyata justru ada beberapa efek negatifnya. Jika Anda tak ingin kejadian buruk terjadi, maka jangan sampai tidak menggunakan aki pada kendaraan kesayangan Anda.

Aki sendiri memiliki peran yang sangat vital, mengingat bahwa fungsinya adalah untuk menyediakan sumber kelistrikan. Bisa kita ibaratkan bahwa motor tanpa memiliki aki itu seperti menimba air dari dalam sumur tanpa menggunakan katrol.

Kita memang tetap bisa mengambil air, akan tetapi akan jauh lebih mudah dan efektif lagi jika menggunakan bantuan katrol. Begitu juga pada aki, mesin bisa menyala tanpa keberadaannya, namun tidak akan semaksimal seperti saat ada aki.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Motor Kurang Setrum yang Paling Simpel

Efek Motor Tanpa Aki yang Perlu Anda Ketahui

Untuk saat ini keberadaan sepeda motor sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan hampir semua orang pasti memilikinya. Selain itu, mengendarai kendaraan bermotor juga tergolong lebih praktis dan memudahkan seseorang untuk mencapai ke tujuannya.

Berbagai macam kemudahan dalam penggunaan serta garansi yang minim pun jadi faktor mengapa seseorang suka terhadap motor tersebut.

Meski demikian, ada beberapa pengguna yang justru membiarkan motor mereka tanpa memiliki aki karena berbagai alasan.

Padahal kondisi seperti ini bisa menimbulkan banyak hal negatif yang kemungkinan besar membuat motor sulit untuk menyala. Jika Anda tak ingin mengalami kondisi buruk seperti itu, maka jangan sampai motor tidak menggunakan aki.

Karena berikut ini ada beberapa efek buruk yang bisa timbul apabila motor tidak menggunakan aki. Tentunya juga harus selalu Anda waspadai.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Lampu Sein Tidak Akan Berkedip

Efek motor tanpa aki yang pertama ini akan menyebabkan lampu sein tidak bisa berkedip seperti biasanya. Seperti yang kita ketahui, bahwa ada banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat dari lampu sein yang sudah tidak bisa berfungsi lagi.

Mungkin Anda juga pernah atau bahkan melihat lampu sein yang tidak dapat berkedip dan sekalinya berkedip begitu cepat. Banyak yang menduga bahwa hal ini karena terdapat masalah pada lampu seinnya.

Padahal kenyataannya masalah seperti itu akibat dari tegangan listrik yang kurang dan membuat flasher tak bisa bekerja maksimal. Nah, flasher sendiri berfungsi untuk menghidupkan lampu sein pada sepeda motor.

Selain itu, efek motor tanpa aki dan karena RPM pada mesin terlalu rendah, maka tegangan listrik dari spul juga akan rendah. Namun kondisi seperti ini bisa kita atasi dengan keberadaan aki motor.

Tetapi apabila tak ada aki, maka akan membuat lampu sein tidak dapat berfungsi dengan baik. Bahkan lampu sein yang error pun juga bisa membahayakan keselamatan selama berkendara.

Sulit untuk Menghidupkan Mesin Motor

Tentunya dampak satu ini akan langsung dirasakan oleh pengguna yang tidak memiliki aki pada sepeda motornya.

Untuk menghidupkan mesin motor sendiri biasanya kita cukup tekan starter, kemudian menggeber gas dan motor bisa langsung hidup.

Namun berbeda lagi dengan motor tanpa adanya aki, sebab kondisi seperti ini akan membuat Anda merasa kesulitan untuk menghidupkan mesin. Hal ini bisa terjadi karena pada starter akan menggunakan sistem elektrik.

Sehingga efek motor tanpa aki akan menyebabkan kendaraan tidak bisa menyala. Mengingat bahwa tanpa ada aki, maka fitur electric starter tidak bisa untuk kita gunakan.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Kembung Baik Pada Jenis Basah Maupun Kering

Kinerja Akan Menurun

Aki sendiri adalah komponen pada kendaraan bermotor yang memiliki peran sangat penting. Saking pentingnya maka tak heran jika tanpa ada aki, maka motor pasti akan mengalami kinerja yang menurun.

Tidak hanya itu saja, melainkan saat aki tidak ada, maka sistem kelistrikan memang tetap bisa menyala. Mengingat hampir pada semua pabrikan motor telah melakukan setting otomatis.

Tujuannya adalah supaya spull bisa mengirim arus ke komponen kiprok, lalu kiprok akan meneruskannya ke bagian CDI dan lampu. Walaupun sistem kelistrikan motor tetap bisa berfungsi, namun kondisinya hanya akan stabil bergantung kualitas dari putaran roda.

Nah, pada RPM rendah maka akan membuat arus listrik menjadi sangat rendah. Begitu pula ketika pada RPM tinggi, maka arus listrik pun juga akan semakin meningkat, sehingga membuatnya tidak stabil.

Beberapa efek motor tanpa aki seperti tadi memang bisa Anda rasakan jika kendaraan tidak ada aki. Jika tak ingin hal itu terjadi, maka gunakan saja aki agar kinerjanya semakin optimal. (R10/HR-Online)