Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruEnergi Potensial Pegas: Definisi, Contoh, dan Rumusnya!

Energi Potensial Pegas: Definisi, Contoh, dan Rumusnya!

Energi potensial pegas merupakan salah satu materi fisika di bangku sekolah. Berkat adanya energi ini, maka benda di sekitar dapat bergerak.

Seperti yang kita ketahui, energi merupakan salah satu penyebab utama sebuah benda atau mesin dapat bergerak. Tanpa energi, maka benda hanya akan berada di dalam keadaan tetap.

Di dalam fisika terdapat energi potensial. Nah, sebenarnya apa pengertian dari energi potensial?

Baca Juga: Daya Dalam Fisika: Pengertian, Rumus dan Macam-Macamnya

Apa Itu Energi Potensial Pegas?

Di dalam fisika, energi potensial merupakan energi yang sebuah benda miliki akibat kedudukan atau posisi mereka. Energi potensial juga memiliki sebutan energi diam.

Hal itu karena tidak hanya benda dalam keadaan bergerak yang memiliki energi, melainkan juga benda-benda yang hanya dalam keadaan diam.

Benda yang diam tersebut apabila bergerak maka akan memiliki perubahan energi potensial untuk menjadi energi gerak.

Di dalam potensial pegas, benda membutuhkan beberapa dorongan atau energi untuk meregangkan dan menekan pegasnya.

Energi yang pegas miliki saat dalam kondisi teregang atau tertekan tersebutlah yang menjadi salah satu bentuk energi potensial.

Baca Juga: Gaya Dalam Fisika: Pengertian, Macam-Macam, dan Jenisnya

Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebenarnya kamu dapat menemukan contoh implementasi dari energi ini di dalam kehidupan. Akan tetapi, mungkin kamu belum menyadarinya.

Contoh sederhana dari energi potensial ini adalah ketika seseorang menarik tali busur atau menahannya. Usaha yang pemanah lakukan untuk menahan tali busur tersebut menyebabkan tali menyimpan energi.

Pada saat itu jugalah tali busur sebenarnya mendapat energi potensial pegas. Apabila pemanah melepaskan tali busur dan anak panah, maka energi potensial akan menghilang.

Setelah anak panah meluncur, maka energi akan berubah dari potensial menjadi kinetik. Hal itu karena benda sudah berubah menjadi dalam keadaan bergerak.

Rumus Potensial Pegas

Di dalam fisika, kamu dapat mengukur besar potensial pegas atau elastis ini melalui rumus matematis. Berikut ini rumusnya:

Ep = 1/2k.x2

Keterangan

  • Ep: energi potensial dengan satuan Joule
  • k: konstanta dari Coulomb, yaitu 9×10^ N.m2/C2
  • x: perubahan posisi dengan satuan m

Baca Juga: Rumus Hukum Gravitasi Newton dalam Ilmu Fisika

Energi Potensial Lainnya

Selain pegas, di dalam fisika juga terdapat dua jenis energi potensial lainnya. Energi potensial tersebut adalah gravitasi dan juga listrik.

Energi potensial gravitasi bisa kamu temukan pada benda yang jatuh dari ketinggian. Benda tersebut tentunya akan jatuh menimpa tanah.

Hal itu terjadi karena adanya pengaruh gravitasi Bumi yang kuat. Sehingga, semua benda yang jatuh akan turun ke bawah dan tidak melayang.

Sedangkan yang kedua adalah energi potensial listrik. Energi ini dapat terjadi apabila sebuah partikel yang bermuatan bergerak di dalam suatu medan listrik.

Baik itu energi potensial pegas, gravitasi, dan listrik, semuanya dapat kamu temukan di dalam kehidupan. Perlu kamu ingat bahwa energi potensial hanya ada ada pada benda diam saja. (R10/HR-Online)