Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita TerbaruFadilah Puasa 10 Muharram Sunnah Utama yang Mengampuni Dosa

Fadilah Puasa 10 Muharram Sunnah Utama yang Mengampuni Dosa

Fadilah puasa 10 Muharram atau puasa Asyura menjadi informasi yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena bagi seseorang, fadilah tersebut dapat menjadi penyemangat ataupun penggerak bagi dirinya untuk menjalankan amalan sunnah.

Maka dengan demikian itu, sudah seyogyanya kita sebagai umat muslim mengetahui apa saja Fadhilah atau keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita bisa melaksanakan amalan sunnah yang juga menjadi anjuran bagi Rasulullah SAW.

Memasuki bulan Muharram ternyata terdapat dua hari yang sangat spesial. Benar sekali, lebih tepatnya pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Dimana pada 2 hari tersebut terdapat banyak keberkahan.

Seperti yang sudah kita ketahui pada tanggal 9 Muharram itu dianjurkan untuk menjalankan puasa tasu’a Kemudian pada hari selanjutnya dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Asyura. Pada hari Asyura tersebut juga terdapat beberapa peristiwa penting dan bersejarah dalam Islam.

Melaksanakan puasa pada bulan Muharram itu sendiri juga terdapat tiga tingkatan. Tingkatan yang pertama adalah menjalankan puasa Asyura Tapi sebelumnya menjalankan puasa tasu’a dan pada tanggal 11 tetap berpuasa. Lalu tingkatan yang kedua adalah puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram saja. Terakhir adalah hanya puasa pada tanggal 10 saja.

Baca juga: Bolehkah Puasa Asyura Satu Hari Saja, tapi Tasua juga Menjadi Anjuran

Beberapa Fadilah Puasa 10 Muharram

Meskipun tidak ada ulama yang mengharamkan apabila kita hanya puasa pada tanggal 10 saja. Tapi Nabi Muhammad SAW menghancurkan sebelum puasa pada tanggal 10 alangkah lebih baiknya jika kita juga puasa pada tanggal 9. Apa yang menjadi alasan akan adanya pernyataan tersebut?

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui akan hal tersebut juga. Perlu Anda ketahui bahwa Kenapa kita juga harus menjalankan puasa tasu’a adalah, untuk membedakan dengan kebiasaan orang Yahudi dan Nasrani.

Karena tepat pada tanggal 10 Muharram itu orang Yahudi dan Nasrani juga mengagungkannya. Tapi di samping itu juga ternyata umat muslim sendiri masih banyak yang menganggap amalan sunnah yang mempunyai Fadilah Dahsyat bagi kehidupan tersebut sepele.

Tujuan dengan tujuan Meningkatkan semangat serta ghirah kita dalam beribadah. Berikut ini terdapat beberapa Fadhilah puasa 10 Muharram yang akan kita dapatkan apabila kita bisa melakukannya dengan ikhlas dan hanya mengharap Ridho dari Allah SWT.

Puasa yang Utama

Untuk fadilah puasa 10 Muharram yang pertama adalah puasa tersebut merupakan puasa yang utama Setelah puasa Ramadhan. Dalam hadits riwayat Muslim menjelaskan bahwa sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam. Kemudian puasa yang paling utama Setelah puasa wajib Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.

Maka dengan demikian itu, antara puasa tasu’a dan puasa Muharram merupakan puasa yang utama setelah puasa wajib. Untuk mendapatkan keutamaan dari amalan sunnah tersebut. Apabila kita masih mampu untuk menjalankannya. Maka tidak ada salahnya jika kita melaksanakannya dengan niat yang ikhlas. Tidak hanya berniat ingin mendapatkan pujian dari manusia saja.

Baca juga: Keutamaan Puasa Tasua Akan Lebih Sempurna dengan Puasa Asyura

Diampuni Dosa Satu Tahun Lalu

Setiap kita sudah pasti mempunyai banyak dosa. Entah itu dosa yang kita sadari Ataupun dosa yang tidak kita sadari. Baik itu dosa yang kita keluarkan secara lisan ataupun dosa yang kita lakukan menggunakan tulisan. Terkadang untuk bertobat kepada Allah kita juga masih sering untuk menunda. Padahal kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput.

Harapannya dengan kita niat ingin menjalankan amalan sunnah, maka fadilah puasa 10 muharram yang bisa kita dapatkan, ampunan dosa 1 tahun yang lalu yang telah kita perbuat baik sengaja ataupun tidak kita sengaja. Bukankah hal tersebut sudah seperti menjadi keuntungan yang besar. Hanya dengan menjalankan dua hari puasa maka dosa kita selama 1 tahun yang telah lalu akan diampuni oleh Allah. Masya Allah tabarakallah.

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dengan menjalankan amalan-amalan sunnah juga dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Berpuasa juga dapat menambah ketaatan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Bukankah dalam ajaran agama Islam Itu menjelaskan siapapun yang senang berpuasa kelak ia akan mendapatkan surga dengan melalui pintu Ar Royyan.

Siapapun yang dekat dengan Allah maka segala hal akan menjadi lebih mudah. Allah akan mengabulkan segala hal yang memang menjadi hajat kita. Selain itu kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah. Dengan melakukan puasa pada tanggal 10 Muharram tersebut berarti kita juga sudah menjalani sunnah atau anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Tata Cara Puasa Asyura Memiliki Keutamaan Menghapus Dosa Setahun

Tata Caranya

Di samping mengetahui fadilah puasa 10 Muharram Kita juga harus mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan amalan sunnah tersebut? Mengenai tata caranya sangatlah mudah. Karena puasa pada tanggal 9 dan 10 ini juga sama dengan puasa yang kita lakukan saat bulan Ramadhan. Alangkah lebih baiknya jika kita mendahului dengan niat, kemudian sahur dan mengakhirkan sahur.

Setelah itu kita juga tidak boleh mendekati hal-hal yang dapat menyebabkan puasa sunnah tersebut batal ataupun jumlah pahalanya tidak sempurna. Apabila sudah tiba waktunya berbuka maka bersegeralah untuk berbuka. Usahakan berbuka dengan yang manis-manis pula. Maka dengan demikian itu insya Allah semua fadilah puasa 10 Muharram akan kita dapatkan. (Muhafid/R6/HR-Online)