Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Menarik Tentang Kelinci, Punya Penglihatan Luar Biasa?

Fakta Menarik Tentang Kelinci, Punya Penglihatan Luar Biasa?

Fakta menarik tentang kelinci, si makhluk menggemaskan ini memang cocok untuk dibahas. Hewan yang identik dengan memakan wortel satu ini menjadi salah satu hewan peliharaan populer.

Sebagai hewan, kelinci tentu saja memiliki banyak fakta yang sangat sangat menarik. Kelinci bukan hanya sekedar makhluk lucu pemakan wortel seperti yang selama ini terlihat.

Baca Juga: Fakta dan Mitos Ayam Cemani, Hewan yang Mencapai Jutaan Rupiah

5 Fakta Menarik Tentang Kelinci yang Harus Kamu Ketahui!

Kelinci terkenal sebagai hewan yang sangat aktif dan juga menggemaskan. Tidak heran kenapa banyak orang yang menginginkan untuk memelihara kelinci.

Hewan ini memiliki bulu yang lembut dan halus, membuatnya nyaman untuk menjadi teman di halaman rumah.

Selain itu, kelinci juga tidak memiliki cakar dan gigi tajam yang membuatnya berbahaya. Alhasil, kelinci begitu populer sebagai binatang peliharaan.

Kelinci yang terkenal sebagai hewan ramah ini memakan sayur-sayuran. Buat kamu yang menyukai kelinci, yuk cari tahu fakta menariknya!

Karakter Kelinci Berbeda-Beda

Fakta unik pertama dari hewan menggemaskan ini adalah mereka memiliki karakter yang berbeda-beda.

Kelinci berbeda dengan jenis anjing ataupun kucing yang biasanya memiliki karakter sama. Karakter yang kelinci miliki sangat unik dan akan berbeda-beda setiap ekornya.

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengenal karakter si kelinci, entah itu aktif ataupun pemalas.

Baca Juga: Fakta Hewan Bintang Rapuh, Binatang Laut yang Tak Memiliki Otak

Bisa Memakan Sisa Kotorannya Sendiri

Kalau fakta menarik tentang kelinci berikutnya ini mungkin akan membuat sebagian orang tercengang. Siapa sangka bahwa makhluk menggemaskan tersebut bisa memakan sisa kotoran mereka sendiri.

Kelinci butuh dua kali proses makan untuk bisa menyerap nutrisi makanan secara maksimal. Kelinci akan memakan jenis kotoran yang bernama cecotropes yang merupakan kotoran lunak dan lembut.

Kotoran tersebut mengandung nutrisi yang belum sempat kelinci cerna pada proses makan pertama kali.

Penglihatan Kelinci Hampir 360 Derajat

Kelinci memiliki penglihatan yang tidak biasa. Penglihatan yang kelinci miliki mencakup hampir 360 derajat.

Ini sangat membantu kelinci di alam bebas karena bisa menghindari mereka dari predator yang akan memangsa. Itulah kenapa akan sulit untuk kamu menangkap kelinci meski dari belakang sekalipun.

Mudah Merasa Bosan

Jika akan memelihara kelinci, maka kamu tidak boleh membiarkannya sendiri tanpa mainan atau tanpa teman.

Karena hal itu akan sangat menyiksa kelinci. Hewan ini sangat mudah merasa bosan dan stress jika sendirian di dalam kandangnya.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Daur Hidup Kecoa dari Bertelur hingga Dewasa

Bisa Memiliki Anak yang Sangat Banyak

Kelinci betina memiliki masa kehamilan yang singkat sehingga membuat mereka dapat dengan cepat melahirkan anak. Induk kelinci hanya mengandung selama 28-31 hari.

Pada setiap kehamilannya, induk kelinci bisa melahirkan 9 sampai 14 ekor anak. Dalam setahun, kelinci juga bisa berkembang biak dua hingga tiga kali.

Mengetahui fakta menarik tentang kelinci sangat berguna untuk kamu yang akan memeliharanya. Dengan begitu, maka kamu bisa lebih baik dalam merawat kelinci. (R10/HR-Online)