Rabu, Februari 1, 2023
BerandaTeknologiAplikasiFungsi Aplikasi Tawakkalna untuk Jamaah Umroh ke Tanah Suci

Fungsi Aplikasi Tawakkalna untuk Jamaah Umroh ke Tanah Suci

Fungsi aplikasi Tawakkalna sangatlah penting untuk jamaah yang akan berangkat umroh ke Tanah Suci. Jadi, para jamaah harus memiliki aplikasi ini sebelum memutuskan untuk berangkat umroh.

Aplikasi Tawakkalna termasuk aplikasi yang sudah legal atau resmi. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan aplikasi ini untuk memudahkan para jamaah masuk ke Arab Saudi.

Bahkan, pembuatan aplikasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Baca Juga: Aplikasi Pembuat Nomor Virtual Terbaik, Manfaatkan Secara Gratis

Mengenal Fungsi Aplikasi Tawakkalna

Ada beberapa hal yang perlu calon jamaah umroh lakukan. Salah satunya yaitu dengan registrasi ke aplikasi Tawakkalna. Tawakkalna sebenarnya sangat mirip dengan aplikasi Peduli Lindungi yang ada di Indonesia.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib diunduh dan aktifkan untuk warga Saudi maupun warga yang menetap sementara atau ekspatriat yang bekerja pada bidang swasta atau pemerintah Wilayah Timur Arab Saudi.

Sedangkan, fungsi aplikasi Tawakkalna di antaranya untuk membuktikan status kesehatan masyarakat sebelum memasuki tempat-tempat tertentu.

Mulai dari kantor pemerintah, restoran, mall, pasar atau pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi One Aset Berikan Bonus Emas, Amankah Digunakan?

Tak hanya itu saja, fungsi aplikasi Tawakkalna yang selanjutnya yaitu bisa untuk melakukan janji atau pertemuan yang aman dari infeksi covid-19.

Mulai dari pertemuan dalam layanan vaksin, layanan haji dan umrah, layanan pendidikan, atau layanan e-wallet atau dompet digital.

Tawakkalna merupakan aplikasi yang bisa bermanfaat untuk siapa saja yang berada di Arab Saudi. Termasuk juga sebagai izin ke Raudhah sampai ke Masjid Nabawi.

Meski demikian, AMPHURI juga menjelaskan jika tanpa aplikasi Tawakkalna pun mereka juga dapat mendapatkan izin untuk akses dari Muassasah.

Menariknya lagi, fungsi aplikasi Tawakkalna juga bisa memberikan informasi langsung dan juga cepat terkait jumlah infeksi virus Corona yang ada di Saudi.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa pengguna pakai untuk membantu deteksi dini kemungkinan infeksi sesudah pengguna menunjukkan adanya gejala infeksi virus Corona.

Dulu saat berbagai wilayah terdampak lockdown, fungsi aplikasi Tawakkalna ini bisa masyarakat gunakan untuk alat izin kepentingan keluar rumah. Bahkan juga bisa menginformasikan area infeksi virus.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, masyarakat juga bisa melaporkan kejadian yang ada kaitannya dengan virus COVID-19. Dengan begitu, bisa membantu siapa saja yang membutuhkan menerima perawatan kesehatan saat itu.

Baca Juga: Aplikasi IMI GASPOL Meluncur, Perkuat Jejaring Antar Anggota!

Cara Mengaktifkan Aplikasi Tawakkalna

Agar bisa menikmati fungsi aplikasi Tawakkalna, maka pengguna harus bisa memahami bagaimana cara mengaktifkan aplikasi Tawakkalna yang sudah mempunyai akun Absher. Cara untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut ini;

  1. Pertama, unduh terlebih dahulu Aplikasi Tawakkalna, baik untuk iOS atau HP Android.
  2. Selanjutnya, daftarkan pengguna baru lalu masukkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan.
  3. Setelah mendaftar, pengguna akan menerima kode verifikasi ke nomor ponsel yang telah terdaftar ke Absher.
  4. Kemudian, Anda harus menentukan tempat atau lokasi tinggal Anda pada peta
  5. Jangan lupa juga untuk menjawab pertanyaan yang kaitannya tentang kondisi kesehatan.
  6. Bagi kepala keluarga, wajib melakukan identifikasi keluarga pada tempat yang sama dengan lokasi yang Anda tinggali.

Setelah akun aplikasi Tawakkalna sudah Anda aktifkan, maka Anda bisa menikmati dan menggunakan fungsi aplikasi Tawakkalna ini. (R10/HR-Online)