Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Buah pada Tumbuhan Beserta Jenis-jenisnya, Simak!

Fungsi Buah pada Tumbuhan Beserta Jenis-jenisnya, Simak!

Fungsi buah pada tumbuhan dalam strukturnya sangatlah penting. Tumbuhan menghasilkan buah sebagai salah satu cara mereka menyimpan cadangan makanan.

Mempelajari cara tumbuhan memang selalu menjadi hal yang menarik. Tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang cukup berbeda dengan hewan dan manusia.

Mereka bahkan dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Hasil makanan tersebut nantinya akan mereka simpan dalam bentuk buah-buahan.

Baca Juga: Tumbuhan yang Bisa Membuat Makanan Sendiri, Ini Contohnya!

Inilah Fungsi Buah pada Tumbuhan Sesungguhnya!

Apakah kamu pecinta buah-buahan? Buah merupakan makanan sehat yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral.

Buah berasa dari berbagai jenis tumbuhan. Memang tidak semua buah yang muncul di tumbuhan dapat manusia dan hewan makan.

Selain sebagai makanan manusia dan hewan, buah tentunya juga memiliki fungsi tersendiri untuk tumbuhan itu sendiri. Karena bagaimanapun juga buah termasuk ke dalam struktur tumbuhan.

Namun sebelumnya, apakah kamu sudah benar-benar mengerti apa arti dari buah? Buah merupakan bakal buah atau sel ovarium yang sudah mengalami pembentukan sempurna.

Setiap bakal buah akan memiliki satu atau dua biji yang bernama ovulum. Di dalam bakal buah tersebut terdapat kandungan sel telur dan menjadi cikal bakal terbentuknya buah itu sendiri.

Bakal biji akan terus berkembang hingga menjadi bakal buah dengan dinding buah yang juga mulai terbentuk. Kemudahan proses tersebut akan terus berlanjut hingga muncul daging buah sebagai lapisan pelindung struktur kering yang juga keras.

Terdapat 2 fungsi umum buah untuk tumbuhan yang wajib kamu ketahui, yaitu:

  • Buah berfungsi sebagai material pembungkus sekaligus pelindung biji yang ada di dalamnya.
  • Berfungsi untuk menyediakan cadangan makanan ketika terjadinya proses perkecambahan yang berlangsung di dalam tumbuhan.

Baca Juga: Reproduksi Tumbuhan Paku Secara Seksual dan Aseksual yang Unik

Tipe-Tipe Buah

Mengetahui definisi serta fungsi buah pada tumbuhan rasanya tidak cukup jika belum tahu tipe-tipenya. Pada dasarnya, buah terdiri dari 2 jenis.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut ini 2 jenis buah beserta penjelasannya.

  1. Buah Tertutup atau Semu

Tipe pertama adalah buah yang tertutup atau semu. Buah tertutup ini terbentuk dari pertumbuhan bakal buah yang juga diikuti oleh bagian terdapat pada bunga.

Bagian-bagian tersebut nantinya akan menjadi bagian utama dari pembentukan buah itu sendiri. Selanjutnya, buah tertutup ini juga terbagi lagi menjadi 3 golongan, yakni bua tertutup ganda, tertutup majemuk, dan buah tertutup.

Contoh dari buah tertutup adalah buah nangka, buah ciplukan, buah jambu mete, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Contoh Penyerbukan Silang yang Terjadi Pada Tumbuhan Sekitar

  1. Buah Telanjang atau Sejati

Selanjutnya ada tipe buah telanjang atau yang juga terkenal dengan nama buah sejati. Buah telanjang terbentuk dari pertumbuhan bakal buah dengan bagian-bagian bunganya.

Tetapi, bagian pada bunga tersebut tidak menjadi bagian utama di dalam proses pembentukan. Dalam penggolonganya, buah telanjang juga terbagi menjadi 3, yaitu buah telanjang tunggal, telanjang ganda, dan telanjang majemuk.

Contoh dari buah telanjang atau sejati ini adalah buah pepaya, buah apel, buah mangga, buah nanas, dan masih banyak lagi.

jadi, selain bermanfaat untuk kebutuhan pangan manusia dan hewan, ternyata fungsi buah pada tumbuhan juga termasuk penting. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar