Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Floem pada Batang Tumbuhan Hidup, Sangat Beragam!

Fungsi Floem pada Batang Tumbuhan Hidup, Sangat Beragam!

Fungsi floem pada batang tumbuhan apa saja? Floem sendiri merupakan pembuluh angkut yang ada di dalam struktur tubuh tumbuhan.

Istilah floem sendiri sudah umum terdengar di pelajaran sekolah, bahkan ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar atau SD. Floem seringkali terdengar ketika mendapatkan ilmu mengenai kehidupan tumbuhan.

Jaringan floem memiliki fungsinya sendiri. Apa saja itu?

Baca Juga: Cara Tumbuhan Menghasilkan Oksigen untuk Bernapas Manusia

Ketahui Fungsi Floem pada Batang Tumbuhan

Sebelum mengupas tuntas mengenai fungsi dari floem pada tumbuhan, sebaiknya kamu mengerti apa itu floem. Floem merupakan sebuah jaringan angkut yang ada di dalam struktur tumbuhan.

Sesuai dengan namanya yang merupakan jaringan pengangkut, maka floem bertugas untuk mengangkut berbagai zat yang ada di dalam tubuh tumbuhan.

Floem adalah sebuah jaringan pengangkut yang bertugas mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian dari tumbuhan.

Terdapat berbagai macam bagian pada floem. Setiap bagian tersebut juga tentunya memiliki fungsi yang berbeda untuk menunjang kehidupan mereka.

Untuk lebih jelasnya, simak fungsi bagian floem berikut ini.

Melindungi Sel Pengantar

Fungsi floem pada tumbuhan adalah sebagai sel pengantar. Sel penghantar ini menjadi komponen penting pada jaringan floem.

Namun, sel lain dalam floem yang bernama albunium juga memiliki fungsi untuk melindungi sel penghantar tersebut sehingga dapat berfungsi secara maksimal.

Baca Juga: 5 Jenis Pigmen pada Tumbuhan dan Berbagai Fungsinya, Ini Dia!

Menunjang Pertumbuhan pada Tumbuhan

Ternyata, jaringan floem juga berperan dalam pertumbuhan tumbuhan. Komponen penting di dalam jaringan floem untuk membantu pertumbuhan adalah serat-serat floem.

Serat-serat floem sendiri terdiri dari dua komponen, yaitu floem primer dan juga sekunder. Umumnya floem primer akan bertugas dalam proses pertumbuhan, seperti membantu memanjang atau meninggi.

Sedangkan floem sekunder membantu proses penentuan dari kambium di dalam tumbuhan.

Membawa Hormon Penyembuh Luka

Selanjutnya, fungsi floem pada batang tumbuhan adalah untuk menyembuhkan luka. Seperti manusia, tumbuhan pun juga bisa terluka.

Untuk itulah mereka memiliki hormon sendiri untuk menyembuhkanya. Sel pengantar pada floem bertugas untuk menyembuhkan luka serta penyalur utama fotosintat ke sel-sel tapis.

Baca Juga: Siklus Karbon pada Tumbuhan, Apa Itu Fotosintesis dan Respirasi?

Tempat Penyimpanan Zat Organik

Floem juga bertugas untuk menyimpan berbagai jenis zat organik. Beberapa komponen yang bertugas untuk melakukan hal ini adalah parenkim floem.

Apabila parenkim xilem berfungsi tepung, maka parenkim pada fungsi parenkim floem adalah untuk menyimpan zat organik hasil fotosintesis yang merupakan proses pembuatan makanan yang hanya terjadi pada tumbuhan berklorofil.

Contoh zat yang ada floem pada tumbuhan kemudian mereka simpan seperti resin,tanin, karbohidrat, lemak, dan masih banyak lagi. Nantinya, zat tersebut akan berguna untuk proses pertumbuhan tumbuhan.

Kini kamu sudah bisa mengerti pengertian dan juga fungsi floem pada batang tumbuhan. Ini membuktikan bahwa struktur tubuh tumbuhan juga sebenarnya sangat beragam dan memilik fungsi yang tidak kalah penting di setiap bagiannya. (R10/HR-Online)