Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Gearbox Motor Cukup Penting, Ini Informasinya

Fungsi Gearbox Motor Cukup Penting, Ini Informasinya

Fungsi gearbox motor cukup beragam. Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu untuk bisa merawatnya dengan tepat.

Sepeda motor digerakkan oleh sistem yang komplek dengan kinerja berbagai komponen di dalamnya.

Salah satu komponen yang memiliki peran penting yaitu gearbox. Karena fungsinya yang cukup penting perlu bagi Anda merawat dan menjaga kondisinya agar tetap berfungsi optimal.

Sebenarnya semua komponen sepeda motor penting. Namun untuk cara perawatannya berbeda.

Agar Anda bisa lebih mudah melakukan perawatan cari tahu apa saja fungsi gearbox motor. Dengan cara ini Anda akan lebih hati-hati dalam menjaga peran komponen lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Fan Belt Motor Bunyi dengan Langkah Sederhana

Beberapa Fungsi Gearbox Motor

Gearbox menjadi salah satu komponen penting sepeda motor. Kecepatan yang ada dalam kendaraan roda dua ini tidak hanya dari gas saja. Akan tetapi juga berkat adanya gearbox.

Gearbox yang ada pada sepeda motor juga bisa disebut dengan transmisi manual. Dengan adanya komponen tersebut mampu menciptakan sistem pemindahan tenaga dari mesin ke bagian lainnya.

Tidak hanya itu saja, torsi dari motor akan berputar. Sebenarnya masih banyak fungsi dari gearbox. Agar Anda lebih jelas bisa simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat pada Stang Motor Agar Kembali Bersih

Menyesuaikan Daya pada Mesin

Fungsi gearbox motor yang pertama yaitu menyesuaikan tenaga atau torsi yang mesin hasilkan. Untuk mengatur kecepatan tersebut terdapat roda gigi atau level.

Sehingga kendaraan dapat dikendarai dengan nyaman. Pada kendaraan tipe matic dan yang lainnya memiliki tingkat kecepatan berbeda. Dalam proses penyesuaian ini gearbox memiliki beberapa gigi atau tingkatan daya.

Cara untuk menyesuaikannya yaitu dengan mengoper gear atau menurunkan gas. Hal ini akan terasa pada sepeda motor tipe bebek, sport, atau yang memiliki transmisi.

Pada kendaran tipe matic sebenarnya juga memiliki gearbox. Hanya saja dalam penggunaannya tidak terasa. Untuk merasakannya Anda bisa cermati ketika motor melaju.

Baca Juga: Penyebab Busi Motor Basah, Bisa Berakibat Kurangnya Kinerja Komponen

Memindahkan Tenaga ke Mesin

Roda gigi yang ada pada gearbox motor memiliki fungsi penting. Fungsinya yaitu untuk mentransfer tenaga yang mesin hasilkan ke bagian lainnya.

Dengan begitu transfer tenaga akan menghasilkan gerakan pada sepeda motor.

Pemindahan tenaga ini terjadi dari ruang mesin ke bagian roda sepeda motor. Sehingga dapat tersambung dengan komponen rantai roda.

Kendaraan tipe matic akan tersalur melalui vanbelt sehingga kedua roda sepeda motor dapat melakukan putaran. Pada kendaraan tipe matic bisa juga merasakan terjadinya penyesuaian daya dengan catatan berhati-hati dalam merasakannya. 

Pemindahan tenaga yang ditopang oleh rantai atau vanbelt tergantung dari jenis kendaraan itu sendiri. Itulah beberapa fungsi komponen tersebut yang perlu Anda tahu.

Sebenarnya untuk fungsi gearbox motor tidak hanya itu saja. Misalnya mengubah daya menjadi lebih besar, mengatur kecepatan gerak dan torsi serta menghasilkan putaran motor lebih stabil. (R10/HR-Online)