Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Stabilizer Rantai Motor Lengkap dengan Pengertiannya

Fungsi Stabilizer Rantai Motor Lengkap dengan Pengertiannya

Fungsi stabilizer rantai motor cukup banyak. Karena alasan inilah sebagai pemilik kendaraan Anda wajib merawatnya. Sebenarnya semua komponen yang ada pada kendaraan perlu dirawat secara berkala.

Sebab semuanya memiliki masa pakai yang tidak sama. Dengan melakukan perawatan, sudah pasti membantu merawat kondisi komponen tetap terjaga.

Merawat komponen sepeda motor pun akan membantu Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Sayangnya masih banyak pemilik sepeda motor yang enggan untuk memperhatikan dan melakukan perawatan.

Termasuk pada stabilizer rantai motor. Padahal fungsi stabilizer rantai motor cukup penting. Agar Anda tidak menganggap sepele komponen tersebut berikut ini ada penjelasan tentang pengertian dan fungsinya.

Baca Juga: Cara Memotong Rantai Motor Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

Pengertian dan Fungsi Stabilizer Rantai Motor

Perawatan pada sepeda motor tidak hanya sekedar mengganti oli, mencuci, atau hanya membersihkan bagian karburasi dan filternya saja. Namun bagi Anda pemilik sepeda motor sport, trail, atau bebek wajib perhatikan rantainya.

Mengingat rantai adalah komponen penting, ada banyak komponen di dalamnya termasuk stabilizer. Stabilizer rantai motor adalah komponen yang berada pada bagian depan roda gigi belakang.

Memiliki bentuk seperti rumah rantai berukuran kecil yang dilengkapi dengan karet pada bagian tengahnya. Adanya aksesoris yang satu ini mampu membuat sepeda motor lebih tangguh.

Apalagi untuk sepeda motor yang biasa untuk medan ekstrim atau offroad. Tidak sedikit motor trail yang dilengkapi dengan stabilizer pada rantainya. Adapun fungsi dari stabilizer rantai antara lain:

Baca Juga: Cara Mengukur Ketegangan Rantai Motor yang Tepat dan Mudah

Mencegah Rantai Lepas

Sebenarnya fungsi stabilizer rantai motor cukup banyak termasuk menjaga rantai agar tidak mudah lepas. Seperti yang ada pada motor trail biasanya ayunan suspensinya yang tinggi.

Sehingga membuat komponen tersebut cepat kendor. Jika rantai kendor kemungkinan besar rantai mudah terlepas. Untuk mengatasi kondisi yang satu ini ada baiknya memasang stabilizer rantai.

Menjaga Rantai Tetap pada Jalurnya

Fungsi utama stabilizer rantai yaitu menjaganya tetap berada pada jalur yang tepat. Dapat dibilang jika stabilizer berperan sebagai stabilizing dan balancing.

Jika tidak menggunakan stabilizer kemungkinan sering terjadi gesekan antara gir belakang dengan bagian tepi rantai saat kendaraan menikung. Untuk itu, perlu adanya stabilizer rantai motor.

Baca Juga: Penyebab Rantai Motor Sering Lepas, Salah Satunya karena Kendur

Meredam Getaran Rantai

Pemasangan stabilizer rantai sepeda motor juga mampu meredam getaran yang terjadi. Sering terdengar suara berisik dari adanya gesekan rantai dengan gear akibat rantai kendor.

Selain itu, saat pelumas kering juga akan timbul suara berisik yang sama. Sehingga dengan adanya stabilizer tersebut membantu mengurangi suara berisik saat berkendara. Berkendara jadi jauh lebih nyaman.

Mengingat fungsi stabilizer rantai motor cukup beragam dan penting, tidak salah jika menambahkan aksesoris tersebut pada kendaraan Anda. Terutama bagi kendaraan yang sering melalui medan yang terjal seperti motor trail. (R10/HR-Online)