Rabu, September 28, 2022
BerandaBerita CiamisGatrik Jadi Daya Tarik Acara Pesta Rakyat di Rancah Ciamis

Gatrik Jadi Daya Tarik Acara Pesta Rakyat di Rancah Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, Bus Wisata Gatrik ramaikan kegiatan Pesta Rakyat Rancah Raya di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (14/8/2022). 

Pesta Rakyat sendiri diselenggarakan oleh tiga Desa di Kecamatan Rancah yakni Desa Cisontrol, Situmandala dan Desa Mekarsari. 

Kegiatan tersebut merupakan pertama kalinya digelar, sebagai bentuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga memperkenalkan potensi wisata.

Ketua BP2D Ciamis, Endang Haris Juandana mengatakan, Gatrik menjadi daya tarik tersendiri dalam kegiatan Pesta Rakyat Rancah Raya ini. 

“Jadi kita ini berkolaborasi, kita ada program Gatrik Saba Lembur. Alhamdulilah, masyarakat Rancah antusias mengikuti kegiatan tersebut,” katanya, Minggu (14/8/2022). 

Baca Juga: Innalillahi, HP Meledak Siswa SD di Ciamis Meninggal Dunia

Menurutnya, pada Pesta Rakyat ada trip wisata di tiga Desa tersebut. Pertama ada Taman Rekreasi dan Edukasi Takesi di Desa Cisontrol, kemudian Puncak Bangku Situmandala. 

“Kemudian ada juga Bukit Meralaya di Desa Mekarsari. Jadinya, nanti ada 3 trip Gatrik menuju tempat wisata tersebut,” tuturnya.

Selain untuk memperkenalkan destinasi wisata, kegiatan Pesta Rakyat yang berlangsung dari tanggal 14 – 16 Agustus itu juga untuk menggeliatkan ekonomi.

“Jadi, ketiga Desa ini saling berdekatan dan mempunyai potensi wisata maka dari itu kita buat trip wisata,” ucapnya.

Endang mengungkapkan, pihaknya ingin ada daerah lain yang berdekatan dan mempunyai potensi wisata untuk dikenalkan kepada masyarakat. 

“Untuk Gatrik sendiri akan siap membantu mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata di daerah,” ungkapnya.

Endang berharap pihak Desa atau pengelola wisata lainnya untuk kembali berinovasi supaya kegiatan tersebut terus belanjut dan tidak berhenti begitu saja.

“Jika Pesta Rakyat habis, minimalnya nanti ada Follow Up agar kegiatan tersebut tidak sampai situ saja dan terus berlanjut,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)