Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita CiamisGuru PNS di Ciamis Ini Sukses Beternak Lebah Klanceng dan Ayam Pelung

Guru PNS di Ciamis Ini Sukses Beternak Lebah Klanceng dan Ayam Pelung

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Beternak lebah klanceng dan ayam pelung membawa hoki bagi Emod Komarudin (52), guru SDN 1 Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ternak lebah dan ayam pelung yang ia geluti selama enam bulan ini awalnya hanya hobi semata.

Namun setelah digelutinya dengan sungguh-sungguh, hobi tersebut menjadi hoki. Emod menyebutkan, usaha ternaknya kini sudah mulai membuahkan hasil.

Meski tidak mau menyebutkan besaran keuntungannya. Tapi Emod mengaku, melalui ternak lebah klanceng dan ayam pelung ia sudah mendapatkan penghasilan tambahan di luar gajinya sebagai guru PNS. 

“Beternak lebah klanceng dan ayam pelung tidak semata-mata karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan, namun banyak juga manfaatnya,” kata Emod kepada HR Online, Selasa (23/08/2022).

Baca Juga : Panduan Tata Cara Ternak Ayam KUB Bisa Cepat Panen dan Sukses

Selain hobi karena dapat menghilangkan stress, lanjutnya, juga bisa memanfaatkan lahan kosong menjadi produktif.

Menurut Emod, sukses dalam beternak bibit dan pakan bukan satu-satunya jaminan penentu kesuksesan usaha ternak. Akan tetapi harus melakukan pengaturan pemeliharaan. Sebab, pemeliharaan itu sendiri memiliki 40 persen sebagai penentu kesuksesan usaha ternak.

“Beternak ayam pelung tidak sulit dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Terpenting kebutuhan pemenuhan proteinnya terpenuhi. Termasuk kebersihan kandang juga harus tetap terjaga,” terangnya.

Begitu pula budidaya lebah klanceng lebih ringan daripada ternak hewan lainnya. Karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan tidak membutuhkan pakan.

“Sebagai peternak lebah, saya cukup menyediakan tanaman bunga,” pungkas Emod Komarudin. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)