Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruHewan Paling Bau di Dunia yang Harus Dihindari Saat Bertemu!

Hewan Paling Bau di Dunia yang Harus Dihindari Saat Bertemu!

Hewan paling bau di dunia apa saja? Apakah baunya sangat menusuk hingga mendapatkan predikat tersebut?

Setiap hewan umumnya memiliki ciri khas mereka sendiri. Seperti anjing yang setia, kucing yang lucu, landak dengan durinya, dan masih banyak lagi.

Namun, apa jadinya jika ciri khas yang muncul dari hewan adalah baunya. Pada kenyataannya ada beberapa hewan yang memiliki bau badan yang khas. Berikut ini beberapa contohnya.

Baca Juga: Hewan yang Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik Apa Saja? Ini Dia!

5 Hewan Paling Bau di Dunia

Beberapa hewan di dunia ini memiliki keunikan mereka sendiri. Mulai dari ciri fisik yang unik, kemampuan penglihatan yang tajam, dan lain sebagainya.

Dari semua itu, ciri khas hewan yang paling unik adalah baunya. Beberapa hewan memiliki bau yang benar-benar tidak sedap.

Umumnya memang bau tersebut mereka gunakan untuk bertahan hidup dari predator di alam liar. Daripada penasaran, berikut ini beberapa daftar hewannya.

Kutu Busuk

Kutu busuk merupakan hewan yang berasal dari China, Jepang, Korea, dan juga Taiwan. Namun, hewan ini juga bisa kamu temukan di luar area tersebut.

Sesuai dengan namanya, kutu busuk mengeluarkan bau yang tidak sedap dan sangat menyengat. Bau tersebut berasal dari bahan kimia yang mereka lepaskan melalui kelenjar perut saat merasa terancam.

Baca Juga: Contoh Hewan Autotomi dalam Kehidupan Beserta Penjelasannya

Wolverine

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan hewan satu ini karena mereka memang sangat jarang terlihat oleh manusia. Wolverine sendiri sebenarnya masih termasuk ke dalam anggota keluarga musang yang pemalu.

Keunikan dari hewan ini adalah mereka memiliki kelenjar yang dapat mengeluarkan cairan untuk menandai wilayah kekuasaan.

Wolverine terkenal akan memuntahkan sisa makanan dan menguburkan sehingga dapat mereka makan kembali. Ini bertujuan untuk membantu mereka menemukan kembali dengan baunya yang sangat tidak sedap.

Walang sangit

Kalau hewan paling bau di dunia berikutnya ini banyak terdapat di Indonesia. Walang sangit sendiri termasuk ke dalam jenis serangga.

Walang sangit akan mengeluarkan bau campuran yang berasal dari bagian dada. Hal tersebut merupakan hasil dari pencampuran suatu zat kimia yang sangat menyengat.

Polecat Striped

Selanjutnya ada polecat striped yang masih mirip dengan musang. Pada umumnya mereka berada di wilayah Savana gurun Sahara Afrika.

Kemudian bau yang polecat striped keluarkan berasal dari cairan kotoran mereka. Mereka menggunakan bau tersebut untuk melindungi diri dari pemangsa yang mengancamnya.

Baca Juga: Contoh Hewan Porifera, Invertebrata yang Punya Tubuh Berongga

Sigung

Hewan mamalia satu ini sudah terkenal akan cairannya yang berbau sangat menyengat. Sigung akan mengeluarkan cairan tersebut apabila merasa terancam.

Cairan yang sigung keluarkan berasal dari kelenjar duburnya. Mereka memiliki dua kelenjar dubur yang menjadikannya sebagai hewan paling bau yang ada di dunia.

Apabila suatu saat nanti kamu bertemu dengan hewan-hewan tersebut, maka akan lebih baik menghindar. Sebab, apabila merasa terancam, maka mereka akan memberikanmu bau yang memabukkan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar