Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruHewan yang Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik Apa Saja? Ini Dia!

Hewan yang Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik Apa Saja? Ini Dia!

Hewan yang bisa mendengar bunyi infrasonik hanya ada beberapa. Sebelum itu, apakah kamu tahu apa sebenarnya arti dari infrasonik?

Infrasonik merupakan sebuah bunyi yang memiliki frekuensi di bawah 20 Hz. Karena sangat kecil, maka mustahil bunyi infrasonik dapat manusia dengar.

Perlu kamu ketahui bahwa bunyi memiliki kaitan yang erat dengan istilah frekuensi. Frekuensi menjadi sebuah ukuran jumlah dari besaran getaran yang terjadi dalam satu detik dengan satuan Hertz atau Hz.

Baca Juga: Cara Laba-Laba Mengeluarkan Jaring dari Dalam Tubuhnya

Daftar Hewan yang Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik

Infrasonik merupakan salah satu bunyi selain audiosonik dan ultrasonik. Bunyi ini dapat digunakan untuk membantu mengenali objek yang bergetar.

Frekuensi yang bunyi infrasonik miliki berada di bawah 20 Hz. Sedangkan telinga manusia lebih peka dengan gelombang bunyi pada jangkauan frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz atau yang bernama bunyi audiosonik.

Gelombang infrasonik dapat merambat dari jarak yang sangat jauh, bahkan juga mampu menembus hambatan tanpa adanya pengurangan besaran frekuensi.

Tidak semua makhluk hidup mampu mendengar bunyi infrasonik. Beberapa hewan berikut ini mampu mendengar bunyi gelombang infrasonik yang sangat kecil.

Merpati

Jenis burung yang terkenal akan kepintarannya ini menjadi hewan yang mampu mendengar suara infrasonik.

Pada umumnya, burung hanya dapat mendengar paling sensitif di sekitar 1 hingga 4 kHz. Namun, merpati dan beberapa spesies burung lain menunjukkan respon terhadap bunyi infrasonik ini.

Melansir dari situs Movie Cultist, merpati pada frekuensi serendah 0,5 Hz dapat mendeteksi suara infrasonik dalam percobaan menggunakan pengkondisian dengan detak jantung.

Alasan kenapa merpati mampu mendengar bunyi infrasonik karena neuron sensitif gelombang kembali menuju ke ujung apikal abneural papila basilar.

Baca Juga: Kingdom pada Hewan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Aligator

Jenis hewan yang memiliki hubungan dekat dengan buaya ini juga ternyata memiliki kemampuan untuk mendengar bunyi infrasonik.

Hewan ini memiliki moncong yang lebih lebar dengan bagian mulut yang juga lebih rapi dalam menutupi gigi mereka.

Badak

Selanjutnya ada badak. Hewan yang bisa mendengar bunyi infrasonik ini memang terkenal memiliki pendengaran yang sangat baik.

Tidak hanya mendengar bunyinya, bahkan badak juga mampu berkomunikasi menggunakan suara infrasonik.

Melansir dari situs vedantu, badak dapat menghasilkan dan juga mendengar suara pada tingkat frekuensi serendah 4 Hz. Ini membuat badak lebih baik dari kelelawar yang hanya mampu mendengar dari 9 Hz.

Baca Juga: Tahapan Metamorfosis Katak, Ini Urutan dan Penjelasan Lengkapnya

Gajah

Sebuah studi menunjukkan bahwa mamalia besar ini mampu mendeteksi tanda-tanda kedatangan geombang tsunami.

Hal tersebut karena gajah menjadi hewan yang mampu mendeteksi suara infrasonik. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa gajah menggunakan gelombang infrasonik tersebut untuk melakukan komunikasi jarak jauh.

Selain itu, hewan yang bisa mendengar bunyi infrasonik lainnya adalah cumi-cumi, jerapah, burung mutiara, ikan kod, ikan buntal, sotong, gurita, dan masih banyak lagi. (R10/HR-Online)