Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita BisnisIndustri Maklon Kosmetik Berkembang Seiring Menjamurnya Brand Kecantikan

Industri Maklon Kosmetik Berkembang Seiring Menjamurnya Brand Kecantikan

Industri maklon kosmetik kini semakin berkembang seiring tumbuhnya berbagai brand produk kecantikan yang kian menjamur. Apalagi dukungan era digital khususnya media sosial yang menggerakkan industri kosmetik tumbuh sangat cepat. Terlebih para pesohor baik artis maupun selebgram ikut terjun dan menggeliatkan bisnis ini.

Maka tak heran, di saat industri lain lesu akibat pandemi Covid-19, tidak demikian dengan industri kosmetik. Industri ini malah semakin naik daun. Karena strategi promosi produk-produk kosmetik lebih besar lewat jejaring digital yang sekaligus dijual secara online.

Baca juga: Bahan Aktif Skincare dan Fungsinya untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak sedikit orang yang kini berlomba menjadi beautypreneur. Malah mereka menciptakan brand kosmetiknya sendiri. Tidak hanya artis saja, tetapi juga pebisnis berpengalaman hingga para milenial yang aktif di media sosial pun ikut mencari peruntungan di bisnis produk kecantikan ini.

Industri Maklon Kosmetik Dorong Pertumbuhan Produk Kecantikan

Dari data BPOM diperoleh informasi bahwa pada tahun 2021 terjadi peningkatan pada produk-produk kecantikan khususnya skincare atau pemutih kulit. Peningkatannya hingga 85 persen dibanding tahun sebelumnya.

Data yang sama diperoleh dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyebutkan bahwa selama masa pandemi industri kosmetik secara nasional tumbuh hingga 20 persen. Malah Kemenperin memprediksi akan terus mengalami peningkatan pada tahun berikutnya.

Dibalik tumbuhnya bisnis kosmetik tidak lepas dari peran industri maklon kosmetik. Maklon kosmetik merupakan perusahaan jasa manufaktur yang berperan sebagai produsen atau pembuat produk-produk kecantikan. Diantaranya produk skincare, make up dan lainnya. Jasa ini pun menawarkan pembuatan produk sesuai dengan permintaan dari klien.

Baca juga: Cara Memilih Concealer Bagi Pemula Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Jasa maklon ini menawarkan pembuatan kosmetik dengan menggunakan brand sendiri atau pihak klien tidak perlu susah-susah membuat pabrik sendiri. Selain itu jasa maklon juga bisa membantu mengurus legalitas merek atau brand kecantikan yang akan dimiliki oleh calon klien.

Perusahaan Jasa Maklon Kosmetik Berpengalaman

PT IntiCosmetic Lestari merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Industri maklon kosmetik. Perusahaan ini sudah memproduksi maklon kosmetik sejak tahun 2012. 

Perusahaan jasa pembuatan produk kosmetik ini pun memiliki tim yang berpengalaman serta banyak membantu mengembangkan sejumlah brand produk kecantikan yang kini sudah berkembang. Disamping itu tim dari PT IntiCosmetic Lestari juga sudah terbiasa melayani permintaan inovasi produk dari kilen (mitra bisnis pemilik brand) yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Perusahaan industri maklon kosmetik ini beralamat di Jl. Kapuk Poglar No.4A Cengkareng, Jakarta Barat.

Perusahaan ini menawarkan jumlah Minimum Order Quantity (MOQ) yang lebih rendah apabila dibanding perusahaan maklon lainnya. Dengan Minimum Order Quantity 2000, klien bisa membuat produk dengan brand sendiri.

Hingga saat ini, PT IntiCosmetic Lestari sudah memproduksi ribuan produk dari ratusan merk atau brand lokal ternama. Saking terus berkembangnya bisnis PT IntiCosmetic Lestari, membuat perusahaan ini mampu membuka cabang baru di Jatiuwung, Tangerang. Anak perusahaan diberi nama PT Inti Pesona Lestari.

Berikan Layanan Konsultasi Konsep Produk

Marketing Communication Executive PT Inti Pesona Lestari, Zahara Harahap, dalam siaran persnya, Kamis (11/08/2022), mengatakan, perusahaannya banyak diminati oleh brand-brand besar lantaran banyak kemudahan dalam layanan.

“Kami memberikan jaminan produk berkualitas dengan layanan yang terbilang mudah dan cepat. Selain itu dalam pengajuan syarat pun tidak terlalu rumit. Termasuk harga yang kami berikan sangat terjangkau,” terang Zahara.

Layanan lainnya, tambah Zahara, yaitu memberikan kebebasan kepada klien pemilik brand untuk merevisi sample tanpa batas revisi. Selain itu, saat pesanan selesai diproduksi dan diserahterimakan kepada klien, perusahaan industri maklon kosmetik ini menjamin izin edar resmi yang dikeluarkan BPOM sudah bisa diterima.

Baca juga: Macam-macam Facial Wash, Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit Wajah

“Jadi kami benar-benar memberikan kemudahan dan layanan yang sangat prima. Karena itu bagi yang berminat membuat bisnis kosmetik dengan brand sendiri, jangan ragu untuk menggunakan jasa kami,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Zahara, pihaknya juga memberikan layanan bimbingan kepada klien tentang bagaimana membuat konsep produk baru, pemilihan formula hingga terciptanya sebuah produk kosmetik yang layak dipasarkan.

“Jadi calon klien tidak perlu bingung memikirkan bagaimana cara memulai bisnis kosmetik ini. Karena kami siap membantu hingga menjadi produk kecantikan atau kosmetik yang benar-benar layak dijual. Jadi kami tidak sekedar menjadi produsen industri maklon kosmetik saja, tetapi juga membantu ikut memberikan bimbingan,” pungkasnya. (R12/HR-Online)