Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruiPhone Bunyi Saat di Charge? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

iPhone Bunyi Saat di Charge? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

iPhone bunyi saat di charge mengapa bisa terjadi? Mungkin untuk sebagian besar pengguna belum mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi.

Perlu Anda tahu bahwa perangkat iPhone dirancang untuk mengeluarkan bunyi saat posisi dicolokkan dengan pengisi daya.

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kondisi yang berbeda yang terjadi pada ponsel. Awalnya, Anda akan merasakan bunyi bip dalam waktu singkat untuk memberitahu Anda bahwa pengisian daya telah berlangsung.

Ini bermanfaat jika Anda tidak yakin bahwa daya sedang ditransfer ke ponsel, saat sumber daya dalam keadaan tidak stabil. Namun terdapat bunyi bip lain yang mungkin Anda dengar setelah bunyi bip pertama.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan suara yang keluar dari perangkat iPhone dalam kondisi di charger, simak ulasan lengkap berikut.

Baca Juga: Cara Suntik Baterai iPhone, Baterai Penuh Tanpa Harus Ganti!

Cara Atasi iPhone Bunyi Saat di Charge

Terdapat sejumlah faktor mengapa perangkat iPhone mengeluarkan suara bip saat mengisi daya. Salah satunya adalah bunyi yang menunjukkan bahwa perangkat iPhone sedang mengisi daya dengan cepat.

Pengisian cepat hanya dapat terjadi pada unit yang kompatibel dan dalam kondisi tertentu. Versi yang mampu mengisi daya cepat adalah unit apa pun yang lebih muda dari iPhone 8.

Kondisi pengisian cepat memerlukan penggunaan kabel USB C-ke-Lightning, pengisi daya USB-C, serta baterai ponsel di bawah 50%.

Apabila perangkat iPhone Anda tidak mengisi daya dengan cepat, maka kemungkinan terdapat salah satu dari kondisi tersebut belum terpenuhi.

Selain itu, perangkat iPhone juga dapat mengeluarkan bunyi bip tiga kali berturut-turut saat di charge. Bunyi ini menunjukkan bahwa Mode Pembatasan USB telah diaktifkan.

Adanya bunyi tersebut hanya terjadi ketika iPhone Anda sedang terhubung ke perangkat lain.

Mode Pembatasan USB menghentikan perangkat dari mendapatkan akses ke iPhone Anda. Sehingga terdapat beberapa bunyi bip yang merupakan indikator bagi Anda bahwa perangkat sedang berada dalam pengaturan tersebut.

Jika kondisi ini berlangsung secara terus-menerus tentu membuat tidak nyaman bagi para penggunanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghentikan iPhone bunyi saat di charge, antara lain:

1. Nyalakan Ulang iPhone

Ini merupakan salah satu langkah mudah untuk mengatasi bunyi bip pada perangkat iPhone saat mengisi daya yang terjadi, karena beberapa kesalahan perangkat lunak.

Adapun langkah mudahnya antara lain:

  1. Tekan dan tahan tombol volume bawah dan beranda samping ponsel hingga penggeser matikan muncul.
  2. Seret penggeser, lalu tunggu 30 detik hingga ponsel iPhone Anda mati.
  3. Kemudian hidupkan kembali perangkat, langkah ini dapat menghentikan bunyi bip pada ponsel iPhone Anda.

Baca Juga: Cara Ganti Suara Google Maps di HP, Ikuti Tutorial Praktisnya!

2. Dapatkan Pengisi Daya/Kabel Apple Asli

iPhone hadir dengan infrastrukturnya yang mengklaim bahwa semua perangkat asli terapkan harus bekerja dengan sempurna secara bersama-sama. Oleh karena itu, saat mengisi daya gunakan kabel dan pengisi daya Apple yang asli.

Apabila Anda menggunakan beberapa perangkat pengisi daya lainnya, perangkat tersebut mungkin tidak menyediakan daya yang cukup untuk iPhone Anda. Sehingga dapat menyebabkan bunyi bip saat iphone di charge.

Selain itu, sebaiknya periksa apakah port pengisian daya Anda bersih dan tidak terdapat kotoran di dalamnya.

3. Gunakan Outlet yang Berbeda

Apabila semuanya dalam keadaan baik-baik saja dengan kabel dan pengisi daya Anda, namun bunyi masih saja keluar dari perangkat, maka hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa stop kontak yang Anda gunakan.

Pastikan perangkat berfungsi dengan baik dengan mencoba menyambungkan perangkat lain. Sebagai alternatif, Anda dapat coba gunakan stop kontak lain untuk mengisi daya perangkat Anda. 

Pastikan juga pengisi daya Anda dimasukkan dengan benar ke stopkontak serta tidak longgar.

Baca Juga: Cara Menampilkan Persentase Baterai iPhone, Ikuti Tutorial Mudahnya

4. Reinstall iOS dari Perangkat Komputer

Dengan menginstall ulang iOS dari perangkat komputer merupakan langkah yang lebih radikal untuk mengatasi iPhone bunyi saat mengisi daya. Akan tetapi langkah ini pasti akan membantu menghilangkan gangguan perangkat lunak yang membuat iPhone Anda berbunyi bip.

Namun hal paling penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memulihkan iOS untuk mengatasi iPhone bunyi saat di charge, maka Anda harus mencadangkan semua file yang Anda miliki di perangkat Anda.

Hal ini karena memulihkan perangkat lunak di iPhone/iPad akan menghapus semua informasi serta pengaturan Anda. (R10/HR-Online)