Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita TasikmalayaJalan Gunung Subang Tasikmalaya Disulap Jadi Sungai, Ada Ikan Koi

Jalan Gunung Subang Tasikmalaya Disulap Jadi Sungai, Ada Ikan Koi

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Meriahkan HUT RI ke-77, Jalan Gunung Subang, Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, disulap jadi sungai lengkap dengan ikan koi.

Bukan sungai sungguhan, melainkan hanya lukisan mural bertema sungai di atas aspal Jalan Gunung Subang sepanjang 100 meter. Perjuangan warga untuk melukis mural jalan tersebut membutuhkan waktu hingga dua pekan.

Selain lukisan air berwarna biru bening, mural juga menampilkan bebatuan, ikan koi hingga air terjun mini. Sepintas, lukisan mural ini seperti asli hingga sering dimanfaatkan warga untuk bermain dan swafoto.

Dede Paroga, Ketua Karang Taruna Kelurahan Cilamajang mengatakan, proses pembuatan lukisan mural ini selama dua pekan dengan menggunakan cat. Anggaran untuk membeli cat melalui swadaya masyarakat sekitar.

Baca Juga : Ratusan Warga di Ciamis Makan di Bahu Jalan, Tersedia 45 Kastrol Liwet

“Animasi lukisan mural ini berbentuk seperti aliran sungai. Di dalamnya ada batu, air yang mengalir, terus rumput dan ikan. Jadi kelihatan dari jauh seperti hidup ikannya. Kan ini lukisan animasi, sehingga kelihatannya seperti timbul,” katanya, Selasa (16/08/2022).

Dede juga menyebutkan, untuk melukis mural ini membutuhkan waktu sekitar dua minggu dari tanggal 5 Agustus hingga selesai tadi malam.

Warga pun mengerjakannya sampai larut malam. Karena nunggu Jalan Gunung Subang sebagai media untuk melukisnya sepi.

“Panjang lukisan mural di Jalan Gunung Subang Tasikmalaya ini hingga 100 meter. Kendala dalam pengerjaannya kalau turun hujan, dan biaya untuk beli catnya. Karena biayanya dari swadaya masyarakat,” pungkas Dede. (Apip/R3/HR-Online/Editor-Eva)