Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisJalin Sinergitas, Partai Demokrat Ciamis Kunjungi PWI dan IJTI

Jalin Sinergitas, Partai Demokrat Ciamis Kunjungi PWI dan IJTI

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pengurus Partai Demokrat Ciamis kunjungi dua organisasi wartawan yakni PWI Ciamis dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya, Jumat (5/8/2022).

Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis Anjar Asmara menyebut PWI dan IJTI adalah wadah para wartawan. Guna menjalankan pilar demokrasi perlu terjalin sinergitas dan komunikasi pers dan politisi.

Anjar menjelaskan PWI lahir setahun setelah Hari Kemerdekaan Indonesia yakni tahun 1946. PWI adalah organisasi profesi yang telah diakui Dewan Pers. Menaungi wartawan dari Sabang sampai Merauke. Wartawan PWI bekerja sesuai kode etik jurnalistik serta Undang-undang Pers.

“Usia PWI lebih tua dari Demokrat,” ungkapnya.

Sedangkan IJTI adalah organisasi profesi wartawan dengan kompetensi. Selalu memberikan berita yang aktual dan mengedukasi lewat media televisi.

Lewat karya jurnalistik dari wartawan PWI dan IJTI, kritik sosial dapat tersampaikan dengan bijaksana dengan edukasi yang baik. Sehingga keseimbangan fakta sosial dan dinamika kebijakan politik dapat terjaga.

“Termasuk kritikan untuk Partai Demokrat. Kami tidak alergi terhadap kritikan positif, ini semata-mata untuk bersama membangun Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

baca Juga: Terima SK, Anjar Asmara Resmi Jadi Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis

Dalam momen kunjungan Partai Demokrat ke PWI dan IJTI, Anjar pun mengajak untuk memerangi berita hoaks. Yakni dengan menyajikan berita yang baik lewat media konvensionalnya hal sebagai sumber yang valid.

“Partai politik dan pers harus bersinergi untuk membangun bangsa, terutama Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Demokrat Erik Krida Serta menyebut kiprah partai politik tidak terlepas dari media. Partai politik membutuhkan media untuk menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kira harus jalin komunikasi baik dengan media. Saling memberikan masukan yang inovatif,” katanya.

Partai Demokrat Kunjungi PWI dan IJTI, Siap Kolaborasi

Ketua IJTI Galuh Raya Yosef Trisna menyambut baik Partai Demokrat Ciamis untuk bersinergi dan kolaborasi. Menurutnya baru pertama kali ada silaturahmi dari partai politik.

“Demi kemajuan pembangunan Ciamis, tanpa mengurangi keprofesionalan kami sebagai jurnalis televisi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Ciamis Subagja Hamara mengucapkan terimakasih atas kunjungan Partai Demokrat.

Bagja menyebut dalam melaksanakan aktivitas jurnalistik, wartawan PWI Ciamis tetap menjaga netralitas dan memihak kepada kebenaran.

“Dalam melakukan aktivitas kerja jurnalistik, kami dilindungi undang-undang pers dan punya kewajiban menjaga integritas,” pungkasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)