Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarJelang Pemilu 2024, Mahasiswa di Kota Banjar Sosialisasi Pencegahan Money Politik

Jelang Pemilu 2024, Mahasiswa di Kota Banjar Sosialisasi Pencegahan Money Politik

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Menjelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, mahasiswa STISIP Bina Putera Banjar, menggelar sosialisasi pencegahan money politik kepada masyarakat di Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022). 

Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar. 

Mahasiswa STISIP Bina Putera, Dani Sulendro mengatakan, sosialisasi pencegahan money politik merupakan salah satu program kelompoknya. 

“Ini merupakan salah satu program kelompok KKN kami, dari tiga kegiatan sosialisasi yang kami lakukan,” kata Dani, Sabtu (6/8/2022). 

Baca Juga: Mahasiswa STISIP Bina Putera Banjar Edukasi Pemanfaatan Sampah ke Warga

Ia menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak pilihnya pada saat pesta demokrasi. 

“Kita berharap masyarakat bisa memiliki pemahaman lebih dengan adanya kegiatan ini. Karena suara mereka akan menentukan masa depan negara ini,” jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saefulrahman menyebut, kegiatan sosialisasi senada dengan program Gerebek RT RW (Gerakan Bawaslu Edukasi Kepemiluan). 

Pada prinsipnya, lanjut Irfan, pertarungan politik merupakan pertarungan dalam hal pemikiran, bukan pertarungan membeli suara dengan uang. 

“Karena sejatinya politik ini adalah perkelahian dalam hal pemikiran bukan membeli banyak suara dengan uang,” katanya. 

Irfan menambahkan, Bawaslu Kota Banjar akan melakukan bekerjasama dalam pengawasan dan edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)