Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Atom Karbon dalam Senyawa Hidrokarbon, Wajib Tahu!

Jenis Atom Karbon dalam Senyawa Hidrokarbon, Wajib Tahu!

Jenis atom karbon memiliki struktur masing-masing yang tentunya berbeda dan juga penting bagi kamu untuk mengetahuinya.

Sebelumnya, apakah kamu sudah mengetahui apa itu karbon? Karbon merupakan salah satu dari unsur kimia yang paling populer.

Di dalam kimia, karbon sebagai unsur memiliki lambang C. Atom Karbon memiliki kemampuan untuk mengikat atom lain dan juga menjadi penyusun senyawa paling banyak di alam.

Baca Juga: Ciri Khas Atom Karbon, Pengertian, Jenis Ikatan dan Bentuk Rantai

Apa Saja Jenis Atom Karbon? Simak di Sini!

Dalam keseharian, kamu pasti seringkali mendengar istilah karbon. Sebagai senyawa paling banyak yang menyusun alam semesta, karbon memiliki banyak manfaat.

Kamu dapat menjumpai karbon dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari plastik, bahan bakar, sabun atau deterjen, zat berwarna, bahan pakaian, bahan bakar, dan masih banyak lagi.

Atom Karbon dapat membentuk sebuah ikatan kovalen tunggal, rangkap, hingga rantai karbon yang panjang, lurus, bercabang, dan juga melingkar.

Terdapat beberapa jenis atom pada unsur ini di dalam senyawa hidrokarbon, yaitu:

  • Atom Karbon primer, jenis atom ini hanya akan mengikat secara langsung satu atom dan karbon yang lain. Unsur C dalam struktur tersebut bernomor 1, 13, 16, 17, 11, 12, 15, 14, 18, dan 10.
  • Karbon sekunder adalah atom Karbon yang mengikat dua atom karbon yang lain secara langsung. Unsur C dalam struktur ini memiliki nmo 4 dan 7.
  • Atom Karbon tersier, yaitu suatu atom karbon yang dapat mengikat tiga atom karbon yang lain secara langsung juga. Unsur C dalam struktur ini memiliki nomor 2, 6, 8, dan 9.
  • Karbon kuarter yaitu merupakan jenis atom yang mengikat secara langsung empat atom karbon lainnya. Di dalam struktur ini, unsur C memiliki nomor 3 dan 5.

Baca Juga: Massa Atom Relatif, Berikut Penjelasan, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Kekhasan Atom Karbon

Selain jenis atom karbon, ternyata unsur ini juga memiliki kekhasan mereka sendiri. Kekhasan atom karbon adalah:

  1. Memiliki Empat Elektron Valensi

Atom Karbon atau C memiliki karakter yang khas dengan nomor atom 6 konfigurasi elektron. Itu adalah kemampuan dalam membentuk rantai panjang C.

Atom C memiliki 4 elektron valensi yang berguna untuk mengikat kovalen dengan atom sejenis atau lainnya.

  1. Membentuk Ikatan Jenuh Maupun Tak Jenuh

Setelah berikatan, nantinya atom karbon akan membentuk rantai Karbon. Kemudian ikatan rantai Karbon tersebut dapat terdiri dari ikatan rangkap dua, rangkap tiga, dan tunggal.

Ikatan tunggal artinya terjadi antara atom Karbon dengan satu ikatan atau sepasang elektron ikatan. Sedangkan ikatan rangkap dua berarti atom Karbon tersebut terikat dengan dua pasang elektron ikatan.

Ikatan rangkap tiga atau ganda tiga memiliki arti bahwa atom Karbon tersebut terikat dengan tiga pasang elektron ikatan.

Baca Juga: Pengertian Senyawa Hidrokarbon dan Fungsinya dalam Kehidupan

  1. Dapat Membentuk Rantai Tertutup Maupun Terbuka

Ikatan atom Karbon dengan atom C lainnya dapat membentuk rantai atom C secara terbuka atau alifatik dan juga tertutup atau siklik.

Nah, itulah berbagai jenis atom Karbon yang wajib kamu ketahui beserta kekhasannya. Selalu ingat bahwa atom Karbon memiliki banyak kegunaan di dalam kehidupan, tetapi terkadang bisa merugikan. (R10/HR-Online)