Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita PangandaranKampus IAIN dan MAN Insan Cendekia akan Dibangun di Pangandaran

Kampus IAIN dan MAN Insan Cendekia akan Dibangun di Pangandaran

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kampus IAIN dan MAN Insan Cendekia akan dibangun di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tersebut bakal dibangun di atas lahan seluas 35 hektar.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran telah menyiapkan lahan seluas 35 hektar untuk pembangunan gedung IAIN dan MAN IC. Lokasinya di Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pangandaran, H. Supriana, bersama Kasubag. Tata Usaha, H. Sarip Hidayat, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Nana Supriatna, dan Bagian Aset Daerah, meninjau lahan seluas 35 hektar yang telah Pemkab Pangandaran sediakan untuk Kementerian Agama.

Kepala Kemenag Pangandaran, H. Supriana mengatakan, tanah tersebut merupakan tanah hibah dari Pemkab Pangandaran untuk pembangunan kampus IAIN dan MAN Insan Cendekia (IC).

Dari lahan seluas 35 hektar itu dengan rincian 275414 M2 untuk pembangunan kampus IAIN, dan 165369 M2 untuk MAN.

Baca Juga : Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah Pangandaran Bakal Rampung Desember 2022

“Ini sedang proses. Karena ini tanah negara, prosesnya pemerintah daerah menghibahkan kepada kita. Lalu kita proses lagi menjadi hak milik Kementerian Agama dalam bentuk sertifikat atas nama IAIN,” jelasnya, saat meninjau lahan tersebut, Minggu (28/08/2022).

Supriana mengatakan, Bagian Aset Daerah memprediksi dan mengestimasikan sertifikat tersebut selesai pada bulan September tahun ini.

IAIN dan MAN IC di Pangandaran akan Dongkrak IPM

Menurutnya, berdirinya kampus IAIN dan MAN IC di Pangandaran akan mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sehingga kehadirannya akan menjadi harapan bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga : Wow, Pangandaran Bakal Punya Pusat Observasi Bulan

“Pendidikan itu investasi sumber daya manusia. Investasi SDM tiada lain adalah dunia pendidikan, salah satunya Institut Agama Islam Negeri. IAIN sebagai representasi dari lembaga pendidikan yang mengedepankan pendidikan keagamaan Islam dan sains,” papar Supriana.

Ia menambahkan, sesuai dengan visi misi Kabupaten Pangandaran, yaitu sebagai daerah wisata bertaraf Internasional. Maka kehadiran IAIN sangat penting. Tentunya dalam rangka mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Sementara, MAN Insan Cendekia adalah Madrasah Aliyah Negeri binaan Kementerian Agama RI. Madrasah ini menerapkan prinsip menyeimbangkan antara ilmu penguasaan, teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa.

Dalam penerimaan calon siswanya, MAN IC menyeleksi secara ketat dengan mengadakan tes seleksi di semua daerah se-Indonesia. (Ceng/R3/HR-Online/Editor-Eva)