Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Surat Al-Jumuah Ayat 10 Carilah Karunia Allah Setelah Sholat

Kandungan Surat Al-Jumuah Ayat 10 Carilah Karunia Allah Setelah Sholat

Kandungan surat Al-Jumuah ayat 10 menjadi peringatan untuk kita. Sebenarnya ayat 10 dalam Al Quran surat Al-Jumuah itu juga mempunyai kaitan dengan ayat yang sebelumnya yakni ayat 9.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa surat Al-Jumuah merupakan surat ke 62 dan termasuk dalam juz 28. Merupakan surat madaniyah karena turun di kota Madinah dan terdiri dari 11 ayat.

Arti dari nama surat Al-Jumuah itu sendiri adalah hari Jumat. Memberikan penegasan kepada umat muslim untuk melaksanakan sholat Jumat.

Terlebih setelah mendengarkan suara adzan yang berkumandang pada saat itu. Sebenarnya arti surat Al-Jumuah ayat 9 adalah:

Sedangkan arti dari surat Al-Jumuah ayat 10 adalah:

Apabila kita mempelajari lebih dalam mengenai surat tersebut, maka selain berisi perintah, surat tersebut juga berisi peringatan.

Perintah untuk melaksanakan sholat Jumat dan mencari rezeki. Kemudian peringatan untuk meninggalkan jual beli setelah adzan berkumandang.

Baca juga: Kandungan Surat Al Insyirah Berisi Jaminan Allah Bagi yang Berusaha

Kandungan Surat Al-Jumuah Ayat 10 Menjadi Perintah

Sebenarnya menjalankan sholat itu bukanlah suatu hal yang sulit, terlebih lagi kegiatan tersebut juga tidak memakan banyak waktu.

Sebenarnya siapa yang membutuhkan sholat? Apakah Allah yang membutuhkan atau umat muslim?

Allah itu esa, Allah itu kekal, dan Allah itu maha kuasa. Allah itu tidak membutuhkan segala sesuatu ataupun bantuan. Maka dengan demikian itu yang membutuhkan sholat itu adalah umat muslim atau kita.

Bukankah sholat juga merupakan tiang agama? Amalan tersebut juga menjadi amalan pertama yang akan ditanyakan setelah kita meninggal nanti?

Lalu mengapa sudah ada seruan yang terdapat dalam Al Quran surat Al-Jumuah ayat 10, tapi kita masih mementingkan jual-beli? Padahal dalam jual-beli tersendiri kita tidak akan mendapatkan keuntungan jika tidak ada bantuan dari Allah.

Ingat, manusia itu tidak mempunyai daya dan kekuatan. Tapi ketika kita melibatkan Allah dalam segala hal semua urusan dunia akan menjadi mudah.

Kendati demikian, kita juga tidak boleh meletakkan dunia di hati karena hal tersebut dapat membuat kita buta. Bagaimana maksudnya? Dunia merupakan tempat yang fana, terdapat banyak nikmat-nikmat yang terkadang kita tidak mensyukurinya.

Baca juga: Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 183 Tentang Kewajiban Puasa

Sholat Itu Penting

Salah satu kandungan surat Al-Jumuah ayat 10 adalah sholat merupakan hal yang penting. Bukankah artinya tersebut, dan bertebaran kalian di muka bumi setelah melaksanakan sholat.

Sehingga jika ayat sebelumnya mengatakan apabila telah terdengar suara adzan maka bersegeralah kalian dan tinggalkan jual beli. Sudah sangat jelas bukan?

Apapun aktivitas yang kita lakukan ketika kita sudah mendengarkan adzan yang berkumandang, entah itu panggilan adzan untuk melaksanakan sholat Jumat ataupun sholat lima waktu. Jangan ragu untuk segera meninggalkan aktivitas tersebut.

Ingat, kita bisa melakukan aktivitas tersebut karena adanya Ridho dari Allah. Allah meridhoi kita untuk melakukan aktivitas tersebut. Namun Allah juga menginginkan kita supaya tetap melaksanakan sholat di waktu yang tepat.

Sepenting apapun kegiatan tersebut, ingat Allah itu lebih penting. Sebagaimana mengacu dari arti surat Al-Jumuah ayat 10 tersebut. Benar, Allah memang menyuruh kita untuk bertebaran di bumi mencari karunia-Nya.

Tapi harus diingat juga dalam arti surat tersebut kembali ditegaskan setelah melaksanakan sholat. Sebenarnya itulah poin penting yang terdapat dalam kandungan surat Al-Jumuah ayat 10 yang harus kita ingat dan kita jadikan peringatan.

Jangan hanya karena sibuk kerja kemudian lupa sholat, lupa dengan Allah yang sudah memberikan kita banyak kenikmatan.

Baca juga: Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 12, Larangan Cari Keburukan Orang Lain

Mencari KaruniaNya

Kembali ke arti surat Al-Jumuah ayat 10, setelah melaksanakan sholat maka bertebaran kalian di bumi dengan mencari karunia Allah. Ingatlah Allah banyak-banyak agar beruntung.

Kandungan surat Al-Jumuah ayat 10 bukannya perintah untuk melaksanakan sholat Jumat ataupun sholat fardhu. Melainkan kita umat muslim melaksanakan sholat, maka tugas kita untuk melanjutkan aktivitas yang kita hentikan untuk melaksanakan sholat tersebut.

Mungkin sebelumnya Anda berjualan. Karena adzan sudah berkumandang kemudian aktivitas jual-beli diberhentikan terlebih dahulu lalu melaksanakan sholat berjamaah di Masjid.

Setelah melaksanakan sholat dengan khusyuk dan berjamaah, maka aktivitas tersebut boleh dilakukan kembali. Meskipun begitu kita juga tetap mengingat Allah dengan berpikir atau membaca doa lain.

Seperti arti dari Quran surah Al-Jumuah tersebut, jika kita mengingat Allah banyak-banyak maka kita akan beruntung. Karena memang manusia tanpa adanya Allah itu bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa.

Kita hanya sosok yang lemah dan selalu membutuhkan bantuan seperti halnya makhluk sosial. Pada intinya kandungan surat Al-Jumuah ayat 10 itu kita harus memprioritaskan ibadah sholat. Kemudian mencari karunia Allah yang terdapat di bumi dengan ikhtiar namun juga tetap mengingat Allah. Selalu ingatlah Allah di segala aktivitas. (Muhafid/R6/HR-Online)