Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Surat An Nas yang Dahsyat Dapat Melindungi dari Sihir

Keutamaan Surat An Nas yang Dahsyat Dapat Melindungi dari Sihir

Keutamaan surat An Nas yang menjadi salah satu surat favorit. Bisa dikatakan bahwa setiap muslim membaca surat tersebut ketika melaksanakan sholat lima waktu.

Surat tersebut juga tidak hanya dibaca ketika sholat saja, tetapi sebelum tidur juga dianjurkan untuk membaca surat An Nas, Al Falaq, Al Ikhlas kemudian dilanjutkan dengan ayat kursi.

Setiap orang mungkin juga menghafalkan surat An Nas yang memang pendek dan mudah untuk dihafal.

Surat A Nas merupakan bagian dari juz 30. Terdiri dari 6 ayat yang termasuk surat Makkiyah.

Lebih tepatnya merupakan surat ke 114 serta menjadi surat penutup dalam Al Quran.

Kerapkali surat A Nas juga disebut dengan istilah “Three Qul”. Sebab awalan surat ini diawali dengan kata QUL, sama dengan surat Al Falaq dan Al Ikhlas.

Tidak hanya itu saja, beberapa orang juga menyebutkan bahwa surat An Nas itu adalah surat Binnas.

Sebelum Surat An Nas ada surat Al Falaq. Ketahuilah bahwa bersamaan dengan surat Al Falaq dan An Nas itu juga disebut sebagai surat mu’awwidzatain atau dua surat yang isinya berupa permohonan serta perlindungan kepada Allah SWT.

Bukan hanya untuk memohon perlindungan dari setan ataupun jin saja. Melainkan juga perlindungan dari kejahatan manusia.

Baca juga: Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Memudahkan, Melancarkan Rezeki

Keutamaan Surat An Nas dalam Al Quran

Tahukah Anda bagaimana sejarah turunnya surat ke 114 tersebut? Suatu hari ketika Rasulullah SAW menderita sakit cukup parah, ada dua malaikat utusan Allah yang datang untuk menjenguknya.

Kemudian salah satu dari malaikat tersebut duduk tepat di samping kepala Baginda Nabi dan malaikat satunya duduk di bagian kaki. Malaikat yang berada di sebelah kaki Baginda Nabi Muhammad bertanya kepada malaikat yang duduk di sebelah kepala nabi.

“Apa yang sebenarnya terjadi?” Lantas malaikat yang berada di sebelah kepala Nabi Muhammad menjawab “disihir orang”.

Kembali lagi bertanya malaikat tersebut, “Siapa yang menyihir?” Yakni labid Ibnul-Asham merupakan orang Yahudi. Malaikat yang berada di sebelah kaki Nabi Muhammad pun kembali bertanya, “Di mana letak sihirnya berada?”

Malaikat yang satunya pun kembali menjawab, “Di sebuah sumur milik Fulan, tempatnya bagian bawah batu. Hendaknya Muhammad pergi ke sumur tersebut, keringkanlah airnya kemudian angkat batunya. Nantinya akan ada sebuah kotak yang berada bawahnya lalu bakarlah”.

Pagi harinya Rasulullah SAW mengutus Ammar bin Yasir serta para sahabat untuk pergi ke sumur tersebut. Sesampainya mereka di sana, airnya itu berwarna merah kecoklatan.

Setelah itu mereka menimba sampai airnya habis, kemudian mengangkat batunya lalu mengeluarkan kotak kecil yang terdapat di dalamnya. Setelah itu mereka membakarnya.

Selanjutnya, Allah SWT juga menurunkan kedua surat berupa surat Al Falaq dan An Nas. Ketika Rasulullah membaca 1 ayat dari surat tersebut maka terurai salah satu simpul.

Maka dengan demikian itu penting sekali kita mengetahui apa saja keutamaan surat An Nas itu.

Baca juga: Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Berikan Perlindungan

Melindungi dari Godaan Jin, Setan, dan Manusia

Untuk keutamaan surat An Nas yang pertama adalah dapat melindungi diri dari adanya godaan buruk dari manusia, setan, juga jin. Mungkin selama ini kita hanya menganggap bahwa godaan-godaan yang buruk itu hanya berasal dari jin dan setan saja.

Padahal kita juga bisa mendapatkan godaan dari manusia. Pasalnya ada juga jin ataupun setan yang menyerupai manusia.

Walaupun manusia mendapat karunia akal tetapi masih banyak yang bisa tertipu dengan godaan jin ataupun setan.

Dalam hadits riwayat Muslim Nomor 814, artinya adalah, setelah turun kepadaku ayat-ayat yang tidak semisal dengannya yakni Al mu’awwidzatain(An-nas dan Al-falaq). Setelah turunnya 2 surat tersebut Baginda Nabi juga mencukupkan keduanya sebagai bacaan wirid guna membentengi dari adanya pandangan yang jelek jin ataupun manusia.

Menangkal Sihir

Seperti sejarah turunnya surat An Nas, tepatnya ketika Rasulullah SAW menderita sakit parah karena sihir dari kaum Yahudi. Saat mengalami kejadian tersebut Nabi Muhammad membaca surat An Nas dengan tujuan menangkal sihir.

Di samping itu, Nabi Muhammad SAW juga menyebutkan antara surat ke 113 dan 114 merupakan surat yang tidak ada bandingannya. Dalam hal perlindungan serta menangkal hal-hal yang sifatnya itu buruk.

Hal yang demikian itu juga diterangkan dalam hadits riwayat muslim yang artinya adalah, Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang turun pada waktu malam, tidak ada pula bandingannya sama sekali. Ia adalah surat Al Falaq dan surat An Nas.

Baca juga: Keutamaan Puasa Tasua Akan Lebih Sempurna dengan Puasa Asyura

Nyaman dan Aman Ketika Tidur

Tidak hanya itu saja keutamaan surat An Nas, bagi siapapun yang membacanya. Saat tidur, setan atau jin bisa mempengaruhi manusia untuk melakukan hal-hal yang buruk dan juga tidak sesuai dengan syariat.

Sehingga sebagai umat muslim, tentunya kita harus menghindari hal tersebut dengan cara menghafalkan surat An Nas. Bacalah surat tersebut sebelum tidur.

Hal lain yang harus Anda lakukan sebelum tidur tidak hanya membaca surat An Nas. Untuk mendapatkan perlindungan yang ekstra dari Allah, bacalah surat An Nas dengan surat Al Falaq, Al Ikhlas, dan ayat kursi.

Jangan lupa juga untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum membaca ayat Al Quran ini. Sangat banyak bukan keutamaan surat An Nas bagi kehidupan manusia. (Muhafid/R6/HR-Online)