Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKomponen Kopling Manual Motor Beserta Fungsinya

Komponen Kopling Manual Motor Beserta Fungsinya

Komponen kopling manual motor berbeda dengan yang ada di mobil. Biasanya komponen kopling berada di sebelah kanan mesin motor manual. Agar komponen motor tersebut dapat bekerja dengan optimal, sebaiknya juga gerakan buka tutup kampas kopling dan gerakan pelat tetap bebas.

Sehingga membutuhkan pengontrolan setiap pemakaian kurang lebih 1.500 km. Hal ini perlu semua pemilik sepeda motor lakukan, apalagi dengan sistem kopling manual. Anda wajib tahu apa saja komponen tersebut beserta fungsinya.

Baca Juga: Kopling Ditekan Motor Masih Jalan, Awas, Bisa Ini Penyebabnya

Komponen Kopling Manual Motor dan Fungsinya

Kopling sepeda motor memiliki fungsi cukup penting. Adanya komponen tersebut dapat berperan sebagai penyambung dan pemutus putaran mesin menuju transmisi.

Adanya kopling kendaraan dapat terkontrol pergerakannya secara lembut. Pada sepeda motor terdapat yang namanya kopling multi clutch dengan ciri khas kopling tersebut memiliki beberapa plat yang terendam dalam sebuah oli.

Kopling multi clutch biasa jelas ada pada sepeda motor. Pada sistem yang satu ini menggunakan beberapa plat penekan dan plat kopling. Adanya penggunaan setengah kopling justru dapat mempercepat pemakaiannya.

Hal ini terjadi karena kopling hanya menahan setengah saja penekanan pada pressure plat. Kopling manual atau multi clutch ini memiliki perbedaan pada sistemnya.

Kopling multi clutch memiliki perbedaan konstruksi pada kopling manual mobil. Meski sama menggunakan gesekan, namun alur perpindahan tenaganya berbeda pada setiap tipenya.

Agar lebih jelas, sebaiknya Anda tahu apa saja komponen kopling yang ada pada sepeda motor. Dengan demikian Anda bisa merawat dan melakukan pengecekan secara berkala. Adapun beberapa komponen kopling multi clutch antara lain:

Baca Juga: Tuas Kopling Motor Keras, Begini Cara Mengatasinya

Primary Driven Gear

Salah satu komponen kopling manual motor yaitu primary driven gear. Komponen sepeda motor yang satu ini berfungsi untuk media gesek. Gigi primer pada komponen ini sebagai fungsi dari flywheel.

Jika pemilik motor bisa melihatnya dengan seksama, komponen kopling ini sama-sama terhubung clutch cover. Di mana akan memutar komponen pressure plate dalam kopling.

Bentuk dari primary driven gear atau roda gigi tersebut berdiameter lebih besar dari pada primary drive gear. Fungsinya untuk dapat meningkatkan perbandingan gigi kopling manual.

Baca Juga: Cara Merawat Kopling Motor dengan Baik dan Benar

Multi Clutch Plate

Sebenarnya untuk komponen kopling manual motor cukup banyak termasuk multi clutch plate. Komponen ini biasa disebut juga dengan plat kopling atau piringan. Multi Clutch plate terletak antara plat penekan dalam kopling.

Fungsinya untuk menerima putaran dari pressure plate. Untuk posisinya pada umumnya terhubung dengan poros transmisi. Saat kondisi bebas, piringan tidak akan berputar mengikuti pressure plate dan gigi primer.

Mengingat semua komponen sepeda motor cukup penting tidak ada salahnya Anda mengetahuinya. Bahkan termasuk komponen kopling manual motor beserta fungsinya. Hal ini bertujuan agar perawatan komponen bisa Anda lakukan dengan tepat. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar