Rabu, September 28, 2022
BerandaBerita BisnisKriteria Saham Fundamental Bagus Bagi Investor Pemula

Kriteria Saham Fundamental Bagus Bagi Investor Pemula

Kriteria saham fundamental bagus bisa Anda lihat dari beberapa faktor. Sebagai investor ada baiknya jika Anda tahu mana saham yang baik untuk dibeli dan menjadi pilihan.

Saat ini menjalankan investasi memang sudah bukan hal yang baru lagi. Banyak cara dilakukan agar dapat memperbaiki kebutuhan finansial di masa mendatang.

Investasi pun ada yang jangka panjang dan pendek. Bahkan instrumen investasi saat ini sudah cukup berkembang pesat.

Anda bisa memilih jenis instrumen yang tepat. Misalnya saja memilih saham.

Sebaiknya Anda tahu apa saja kriteria saham fundamental bagus. Sehingga investasi dapat meraih keuntungan sesuai yang diharapkan.

Cara untuk mengetahui kriteria tersebut pun cukup bervariasi. Jika Anda ingin mencoba menjalankan investasi saham, bisa cari yang memiliki fundamental baik.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Emiten Restoran, Mencetak Nilai Positif

Beberapa Kriteria Saham Fundamental Bagus

Saat memutuskan untuk memilih investasi sebaiknya Anda dapat memilih yang berfundamental baik. Sebab fundamental sebuah perusahaan adalah aspek yang membantu menentukan keberhasilan investasi.

Jika perusahaan memiliki fundamental yang baik sudah bisa dibilang jika kekuatannya mampu bertahan dan berdiri hingga masa mendatang.

Berbeda bagi perusahaan dengan fundamental buruk, sudah pasti cukup berbahaya jika berinvestasi di dalamnya.

Untuk dapat mengetahui kriteria saham yang bagus, ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri sebuah perusahaan dengan fundamental baik dan bagus antara lain:

Baca Juga: Peluang Saham BBRI Terus Melejit, Ini Prediksi Pertumbuhannya

Mudah Sekali Rebound Usai Koreksi Saham

Salah satu kriteria saham fundamental bagus yaitu dapat dilihat jika saham mudah sekali rebound. Rebound itu sendiri adalah harga saham yang kembali naik setelah sempat mengalami penurunan sementara.

Jika perusahan mudah rebound menandakan jika kondisi fundamentalnya termasuk dalam kondisi baik. Sebagai investor Anda perlu membeli saham yang seperti ini, sebab kepemilikan saham dalam waktu sementara akan turun dan naik kembali dalam waktu singkat.

Peningkatan Laba Setiap Kuartal

Kriteria saham fundamental bagus yang selanjutnya dapat Anda lihat dari perolehan laba setiap kuartalnya.

Jika perusahaan dengan fundamental yang baik tentu mampu menunjukkan angka peningkatan laba setiap kuartalnya.

Laba perusahaan yang terus meningkat menandakan bahwa besar dividen saham terus meningkat. Jika kondisi ini sudah Anda ketahui, barulah bisa membeli saham tersebut.

Baca Juga: Saham Emiten Produsen Beras, Cek Rekomendasinya!

Kapitalisasi Pasar Lebih dari Rp 500 Miliar

Kapitalisasi pasar itu sendiri adalah semua jumlah nilai dari saham yang telah beredar. Saham tersebut sebagai bukti kepemilikan atas perusahaan.

Bisa juga dibilang jika kapitalisasi pasar merupakan nilai yang harus dibayar untuk memperoleh perusahaan bersangkutan.

Dengan adanya kapitalisasi pasar ini sebagai acuan investor untuk menentukan apakah akan berinvestasi atau tidak.

Sebuah perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari Rp 500 miliar menunjukkan jika fundamentalnya dalam kondisi baik. Sebelum menjalankan investasi ketahui kriteria saham fundamental bagus pada sebuah perusahaan. (R10/HR-Online)