Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita BanjarLomba Ngubyak Balong Meriahkan Semarak Kemerdekaan di Banjar

Lomba Ngubyak Balong Meriahkan Semarak Kemerdekaan di Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-  Warga di lingkungan Panatasan RW 19 Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat memeriahkan semarak kemerdekaan ke-77 RI dengan cara mengadakan ngubyak balong.

Puluhan warga yang terdiri dari kalangan orang tua, pemuda hingga anak-anak di lingkungan tersebut tumpah ruah terjun langsung ke kolam empang.

Tak hanya itu, keseruan lomba mencari ikan dengan cara ngubyak balong itupun terlihat riuh saat salah seorang peserta mendapat ikan jenis patin dengan ukuran cukup besar.

Han Han salah satu peserta mengungkapkan detik-detik ia menangkap ikan dengan ukuran cukup besar tersebut.

Awalnya ia bersama peserta yang lain saling kejar-kejaran menangkap ikan di dalam empang.

Saat itu, tiba-tiba seekor ikan jenis patin menabrak bagian perutnya. Kemudian ikan tersebut langsung berhasil ia tangkap.

“Ikan menabrak perut saya, lalu saya tangkap dan langsung kena. Beratnya sekitar 5 kilogram. Saya cuma dapat satu ikan yang gede,” kata Han Han kepada HR Online, Kamis (18/8/22).

Baca juga: Mengenal Terowongan Bersejarah yang Masih Kokoh di Kota Banjar

Penyelenggara perlombaan Cucu Tajudin mengatakan, ikan di dalam empang tersebut yaitu sebanyak 80 kilogram. 

Jenis ikannya beragam, mulai ikan patin, tawes, mujair dan lele. Bobot ikannya juga bervariasi, dari yang ukuran besar sampai dengan yang bobot ukurannya sedang.

Saat pelaksanaan, lanjutnya, peserta kesulitan ketika menangkap ikan menggunakan tangan kosong. Kemudian panitia memperbolehkan menggunakan alat seser.

“Hasil tangkapan ini sepenuhnya menjadi milik warga. Jadi boleh mereka bawa pulang atau menjualnya silakan,” katanya.

Ngubyak balong tersebut merupakan inisiatif warga sekitar.

“Jadi acaranya itu untuk memeriahkan hari kemerdekaan ke-77 RI. Kami juga siapkan doorprize bagi peserta yang mendapat ikan dengan tanda khusus,” katanya (Muhlisin/R6/HR-Online)