Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita CiamisMahasiswa Unigal Ajak Pelaku UMKM di Banjaranyar Ciamis Manfaatkan Medsos

Mahasiswa Unigal Ajak Pelaku UMKM di Banjaranyar Ciamis Manfaatkan Medsos

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Mahasiwa peserta KKN Unigal Tahun 2022 mengajak pelaku UMKM di Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memanfaatkan media sosial (medsos) untuk memasarkan produk.

Ketua kelompok mahasiswa KKN Desa Cikaso, Ahmad Ridha, Rabu (03/08/2022), menyinggung pentingnya pemasaran produk.

Terlebih, Ahmad Ridha mengakui, pihaknya mendapati potensi produk UMKM dan hasil pertanian di Desa Cikaso cukup melimpah.

Menurut Ahmad Ridha, potensi usaha, produk dan hasil pertanian Desa Cikaso harus ditunjang dengan program pemasaran.

“Salah satunya pemasaran melalui media sosial,” katanya.

Berkaitan dengan itu, Ahmad Ridha menuturkan, sebagian masyarakat Indonesia sudah menjadikan media sosial sebagai mata pencaharian.

Hanya saja, kata Ahmad Ridha, masyarakat di daerah belum sepenuhnya memahami bagaimana cara memanfaatkan platform media sosial.  

Alhasil, lanjut Ahmad Ridha, pemasaran produk UMKM dan hasil pertanian masih dilakukan secara tradisional.

“Dengan kata lain, mereka (masyarakat) cukup pergi membawa produk UMKM atau hasil pertanian dan menjualnya di pasar,” katanya.

Karena alasan tersebut, Ahmad Ridha menegaskan, pihaknya ingin membantu memberikan wawasan atau pengetahuan kepada masyarakat mengenai pemanfaatan media sosial.  

Selain itu, Ahmad Ridha menambahkan, pihaknya juga akan merancang akun media sosial yang dikhususkan untuk merilis produk olahan dan hasil pertanian dari masyarakat.

Jika sudah jadi dan berjalan, Ahmad Ridha menambahkan, akun tersebut akan diserahkan pengelolaannya kepada pemerintah desa. (Fahmi/R4/HR-Online)