Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Bloating yang Perlu Anda Hindari, Hati-Hati!

Makanan Penyebab Bloating yang Perlu Anda Hindari, Hati-Hati!

Makanan penyebab bloating atau perut kembung sebagian besar berasal dari jenis makanan yang mengandung gas. Permasalahan perut kembung atau bloating merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu.

Sebenarnya, faktor penyebab utama dari masalah perut kembung yaitu karena terlalu banyak gas yang ada dalam saluran pencernaan.

Namun, bisa juga karena adanya asupan garam yang berlebih. Asupan garam berlebih menjadikan cairan dalam pencernaan tertahan, kemudian perut menjadi kembung.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil, Perlu Anda Kenali!

Ketahui Berbagai Makanan Penyebab Bloating

Saat terjadi bloating, perut akan kencang, terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi perut yang bergas akan memberikan dampak seperti lebih  banyak bersendawa atau sering buang angin. Kondisi seperti ini pastinya akan sangat mengganggu.

Permasalahan bloating atau perut kembung pada umumnya disebabkan oleh makanan yang sulit diterima oleh tubuh. Lalu, apa saja jenis makanan penyebab bloating yang perlu Anda hindari.

Makanan Olahan

Makanan olahan merupakan jenis makanan yang bisa menyebabkan terjadinya permasalahan seperti perut kembung. Sebab, di dalam makanan olahan ini terdapat kandungan sodium dan natrium.

Sodium atau natrium merupakan zat yang bisa membuat perut mengalami masalah kembung. Mengapa demikian? Sebab sodium bisa menahan air dan bisa mengakibatkan perut mengalami pembengkakan atau kembung.

Biasanya, sodium berasal dari makanan kemasan dan olahan yang kurang menyehatkan. Antara lain seperti makanan saus, sup kaleng, makanan cepat saji, serta makanan yang dipanggang.

Baca Juga: Makanan Penyebab Migrain Apa Saja? Anda Perlu Waspada!

Kacang-Kacangan

Makanan penyebab bloating selanjutnya yaitu makanan dari jenis kacang-kacangan. Khususnya, kacang kering serta kacang tinggi serat.

Apabila seseorang mengonsumsi jenis kacang-kacangan ini dalam jumlah banyak, maka jenis makanan ini bisa memproduksi gas yang berlebih.

Sebenarnya, mengonsumsi kacang-kacangan ini tidak dilarang, asalkan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang normal dan tidak terlalu sering.

Agar tidak menimbulkan permasalahan, mengonsumsi makanan kaya akan serat termasuk kacang-kacangan ini harus Anda imbangi dengan minum air putih yang cukup.

Hal ini disebabkan karena serat dalam makanan tersebut bisa menyerap air. Sehingga perut menjadi tidak kembung.

Makanan yang Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak juga bisa menjadi pemicu utama dari makanan tinggi lemak. Hal ini disebabkan karena tubuh akan lebih lama mencernanya makanan berlemak daripada makanan yang tinggi protein dan karbohidrat.

Itulah mengapa Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dalam jumlah banyak.

Tak hanya bisa memicu kembung, makanan ini juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung, darah tinggi, dan kolesterol.

Baca Juga: Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap Permanen, Ini Jenisnya!

Sayuran Jenis Kubis

Kubis, kol, dan brokoli merupakan jenis sayuran yang dapat menimbulkan perut menjadi kembung. Hal itu karena terdapat kandungan raffinose dalam sayuran ini.

Raffinose merupakan zat gula yang harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu oleh bakteri usus. Sebab, zat ini sulit untuk dicerna.

Sayuran jenis ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, Anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang normal.

Agar sayuran ini tidak menjadi makanan penyebab bloating, maka Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu supaya sayuran ini bisa lunak dan mudah dicerna. (R10/HR-Online)