Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Radang Empedu yang Perlu Dihindari, Catat!

Makanan Penyebab Radang Empedu yang Perlu Dihindari, Catat!

Makanan penyebab radang empedu apa sajakah jenisnya? Mungkin untuk beberapa orang tidak menyadari bahwa makanan yang mereka konsumsi merupakan pemicu terjadinya radang empedu.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang untuk membatasi beberapa jenis makanan pemicu dari penyakit tersebut.

Baca Juga: Pantangan Makanan Saat Diare, Hindari Jika Tidak Ingin Semakin Parah!

Daftar Makanan Penyebab Radang Empedu

Radang empedu atau istilah lainnya Kolesistitis merupakan peradangan yang terjadi pada kantung empedu. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran empedu.

Selain terjadi karena adanya penyumbatan empedu, kolesistitis juga dapat terjadi karena adanya sepsis, luka bakar, diabetes, hingga malnutrisi berat.

Peradangan yang terjadi pada kantung empedu dapat menyebabkan penderita mengalami beberapa keluhan. Mulai dari jaundice atau kondisi kulit dan mata yang menguning, lemas, mulut kering, mual, muntah, hingga diare.

Penderita radang empedu perlu mendapatkan penanganan yang akurat tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Jika terjadi kelainan anatomis, maka terapi definitif dapat dilakukan dengan operasi.

Selain itu, penting juga untuk menghindari beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab dari munculnya radang empedu yang antara lain:

Baca Juga: Pantangan Makanan Saat Bisulan Ini Dapat Memperlambat Penyembuhan

Makanan Olahan

Terdapat banyak jenis makanan olahan yang saat ini banyak masyarakat konsumsi. Seperti sosis, kornet, beef burger, nugget, dan lain sebagainya.

Meskipun memang cukup praktis dalam hal pengolahan dan penyajiannya, namun sayangnya jenis makanan ini sangat tidak tidak baik bagi para penderita radang empedu.

Pemrosesan makanan olahan dapat menyebabkan adanya penambahan senyawa pada makanan yang dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu. Salah satunya adalah peradangan empedu

Kuning Telur

Makanan penyebab radang empedu lainnya adalah kuning telur. Pasalnya, kuning telur dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kuning telur juga dapat memicu adanya reaksi alergi.

Daging Merah

Berbagai jenis daging merah menjadi pantangan makanan bagi penderita radang empedu. Hal ini karena lemak yang terdapat di dalam daging merah dapat menyebabkan iritasi bahkan dapat memperburuk adanya radang empedu.

Baca Juga: Pantangan Makanan untuk Pasien Cuci Darah yang Buruk Bagi Ginjal

Gorengan

Salah satu makanan penyebab terjadinya radang empedu adalah gorengan. Berbagai jenis makanan yang digoreng dapat memicu terjadinya kondisi ini.

Sehingga para penderita sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi makanan gorengan.

Hal ini karena lemak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat memperburuk keadaan radang empedu. Makanan berlemak biasanya akan memerlukan waktu yang lebih lama saat proses cerna di dalam tubuh.

Jika kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh, akan menyebabkan munculnya penyakit lain seperti stroke serta hipertensi.

Dengan menghindari berbagai jenis makanan penyebab radang empedu di atas, maka akan mencegah perkembangan dari kondisi tersebut. Supaya radang empedu tidak mudah kambuh, maka tetap jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan bergizi lainnya. (R10/HR-Online)