Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Mengecilkan Miom yang Baik untuk Dikonsumsi

Makanan untuk Mengecilkan Miom yang Baik untuk Dikonsumsi

Makanan untuk mengecilkan miom sebenarnya ada banyak, akan tetapi tidak semuanya benar-benar efektif, sehingga penting untuk Anda ketahui.

Biasanya bagi seorang wanita yang mengidap miom, maka mengonsumsi makanan tertentu bisa mempengaruhi kondisi gejala yang terjadi.

Namun perlu Anda tahu bahwa jenis makanan untuk bisa mengecilkan miom tidak serta merta bisa menyembuhkan penyakit itu.

Sebab, ada beberapa jenis miom yang kemungkinan membutuhkan pengobatan lanjutan, seperti mengonsumsi obat-obatan.

Baca Juga: Makanan untuk Kesehatan Otak dan Saraf, Konsumsi Ini!

Makanan untuk Mengecilkan Miom yang Efektif, Apa Saja?

Miom sendiri merupakan sejenis tumor jinak yang ada pada organ reproduksi wanita seperti indung telur atau rahim.

Walaupun jenis tumor ini tidak berisiko terjadinya kanker, akan tetapi bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Misalnya saja seperti nyeri hebat ketika menstruasi.

Memang miom ini merupakan kondisi yang umum terjadi pada seorang wanita dengan usia subur. Untuk mengatasinya bisa dengan banyak cara.

Meski demikian, kebanyakan miom ini juga bisa hilang dengan sendirinya apabila keseimbangan hormonal selalu terjaga.

Selain mengonsumsi obat-obatan khusus, maka ada beberapa jenis makanan yang mampu mengecilkan miom.

Akan tetapi bagi seorang pemula yang belum mengetahui, maka harus menyimak uraian ini sampai selesai agar tak salah paham.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang mampu mengecilkan miom apabila rutin mengonsumsinya.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi jika mengidap penyakit miom. Apa saja?

Baca Juga: Daftar Menu untuk Diet Sehat dan Makanan yang Perlu Dibatasi

Kubis

Makanan untuk mengecilkan miom yang pertama ini adalah kubis yang kaya akan kandungan seperti vitamin, A, B, C hingga E.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga mengandung kalsium, mineral, natrium, fosfor, dan juga zat besi yang baik untuk meredakan penyakit miom.

Adanya kandungan seperti itu pada kubis, maka makanan ini bisa mengurangi jaringan sel miom dan ukurannya bisa semakin kecil.

Biasanya orang-orang mengonsumsi kubis ini sebagai orak-arik, lalapan, capcay hingga olahan lainnya, dan Anda bisa mencobanya.

Buah-buahan

Kelompok buah-buahan beri yang banyak mengandung resveratrol seperti murbei, blueberry, strawberry, anggur, dan blackberry bisa Anda konsumsi.

Bagaimana tidak ternyata jenis buah-buahan beri seperti ini mampu untuk mengecilkan miom yang Anda derita.

Resveratrol sendiri merupakan sebuah senyawa kimia yang dihasilkan oleh tanaman sebagai respon terhadap infeksi. Bahkan banyak peneliti yang percaya bahwa senyawa ini bisa menghentikan pertumbuhan sel-sel miom dalam rahim.

Baca Juga: Makanan untuk Sendi Sehat, Ini Rekomendasi Jenisnya

Wortel

Makanan untuk mengecilkan miom selanjutnya adalah wortel. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan jenis sayuran yang satu ini? Tentu semua orang sudah tahu, termasuk Anda sendiri.

Nah, bagi Anda yang kini sedang menderita miom, maka tak ada salahnya juga untuk mengonsumsi wortel secara teratur setiap hari. Siapa sangka wortel yang biasanya untuk makanan hewan kelinci, namun juga berkhasiat untuk memperkecil ukuran miom.

Hal ini bisa terjadi karena wortel sendiri memiliki banyak kandungan seperti fosfor, hidrat arang, dan beta karoten yang tak kalah penting.

Khususnya kandungan beta karoten inilah yang seringkali digunakan oleh dunia medis guna mencegah penyakit tumor.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa penelitian yang berhasil menemukan kandungan berupa zat falcarinol. Hanya pada sayuran wortel saja yang memiliki zat tersebut, sehingga efektif untuk mengecilkan miom.

Makanan untuk mengecilkan miom sebenarnya masih ada banyak seperti brokoli, bawang putih, hingga pare. Sebaiknya Anda mengonsumsi aneka makanan yang tinggi serat, kalium, hingga vitamin D. (R10/HR-Online)